RPK PT Arara Abadi dan tim bahu-membahu padamkan karhutla di Mengkapan Siak

id rpk arara abadi,sinar mas, karhutla siak, manggala agni

RPK PT Arara Abadi dan tim bahu-membahu padamkan karhutla di Mengkapan Siak

Tim RPK PT Arara Abadi Distrik Siak melakukan pemadaman karhutla di Kampung Mengkapan, Siak. (ANTARA/HO-PT Arara Abadi)

Siak (ANTARA) - Tim regu pemadam kebakaran PT Arara Abadi-APP Sinarmas membantu melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, yang berada pada dua kilometer dari batas luar konsesi perusahaan.

"Kebakaran terjadi Kamis (29/7) dengan api terdeteksi pada pukul 15.00 WIB, dan mulai dilakukan pemadaman pada pukul 15.15 WIB," kataFire Marshal PTArara Abadi, Aidil Bakri, Kamis.

Dia mengatakan RPK yang berjumlah 10 orang dibantu dengan masyarakat peduli api lima orang serta satu polisi. Peralatan digunakan masing-masing satu mini striker dan Tohatsu untuk memadamkan kebakaran tanaman sawit dan semak belukar tersebut.

Polisi yang juga Bhayangkara Pembina Kemananan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kampung MengkapanAiptu Jackson Silalahi menyampaikan terimakasih atas bantuan Tim RPK PT Arara Abadi Distrik Siak karena telah bersama-sama berjibaku memadamkan dan menanggulangi kebakaran.

"Semoga amal ibadah kita diterima di sisi Allah SWT," imbuhnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau, M. Edy Efrizal mengapresiasi pemadam kebakaran yang berjibaku di lapangan. Dia meminta untuk tetap solid dalam upaya penanggulangan karhutla meskipun dalam masa pandemi COVID-19

"Tetap jaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan. Imbauan buat masyarakat agar tidak membakar di musim panas," ujarnya

Dia meminta juga kepada tokoh masyarakat, adat, tokoh pemuda, alim, ulama dan cerdik pandai agar dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat. Hal itu terkait karhutla yang memiliki dampak buruk bagi segala aspek.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021