Tim RPK Arara Abadi-masyarakat padamkan karhutla di Meranti

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Karhutla

Tim RPK Arara Abadi-masyarakat padamkan karhutla di Meranti

Lahan terbakar di Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, pada 20 Juli 2021 dipadamkan Tim RPK PT Arara Abadi. (foto: Antara/HO-Humas PT Arara Abadi)

Pekanbaru (ANTARA) - Tim Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT Arara Abadi dan karyawan dari perusahaan bahu membahu memadamkan api di Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan sehingga Karhutla dapat dipadamkan akibat dibakar oknum warga pada 20 Juli 2021 itu.

"Api dipadamkan setelah cepat diketahui oleh masyarakat dan melaporkan kepada tim patroli dari perusahaan PT Arara Abadi-Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, " kata FM (Fire Marshal) PT Arara Abadi Distrik Merawang, Sopian Effendi, didampingi Humas, Suparlan kepada media di Pekanbaru, Rabu.

Menurut Sopian api terdeteksi sekitar pukul 13.34 WIB oleh masyarakat dan melaporkan kepada tim patroli perusahaan, dan jarak api 200 meter lebih dibatas luar APL (area peruntukan lain) yang merupakan areal kerjasama antara masyarakat dengan perusahaan, dan karhutla ini akan mengancam lahan konsesi perusahaan jika tidak ditangani segera meskipun jarak dengan batas konsesi perusahaan sekitar 2,5 Km lagi, lahan perusahan akan terkena imbas kebakaran.

Maka pada pukul 14.00 WIB, katanya, sesuai perintah Pimpinan dan SOP (standar operating procedure), diturunkan 1 Regu RPK dan karyawan yang berjumlah 19 orang dan juga anggota MPA (Masyarakat Peduli Api) serta masyarakat disekitarnya dengan jumlah total personil 25 orang lengkap dengan peralatan.

"Alhamdulillah berkat kesigapan Tim RPK Perusahaan dan masyarakat, sekitar pukul 14.32 WIB api telah tersekat, dan tim langsung melalukan pendinginan," kata Sopian.

Suparlan menambahkan penanganan Karhutla ini merupakan tindak lanjut dari tim patroli perusahaan, dan sekitar pukul 11.00 WIB tim patroli perusahaan melakukan patroli, tidak ditemu titik api, namun sekitar pukul 13.34 WIB tim patroli mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa ada kebakaran.

"Areal yang terbakar ini adalah semak belukar, yang kita duga sengaja dibakar dan juga unsur kelalaian. Lahan tersebut untuk peruntukannya kenapa dibakar dan perusahaan tidak mengetahuinya, yang pasti tim RPK Perusahaan PT Arara Abadi bersama masyarakat berhasil menyelamatkan 1 unit rumah penduduk dan 1 gubuk penduduk agar tidak ikut terbaka. Kita akan melaporkan kejadian Karhutla ini kepada pihak aparat setempat dalam hal ini untuk melakukan tindakan selanjutnya, karena lahan yang terbakar tersebut mengancam lahan perusahaan kita," katanya.

Selanjutnya biar pihak aparat Kepolisian yang melakukan tindakan, menentukan luas dan siapa pemilik lahannya, untuk menyelidikinya, bagi kami dari perusahaan PT Arara Abadi Distrik Merawang yang merupakan salah satu unit usaha APP Sinar Mas, selalu menghimbau dan menggencarkan sosialisasi pencegahan Karhutla kepada masyarakat di sekitar operasional perusahaan, bersama-sama aparat pemerintah? TNI/POLRI, Aparat Desa (RT/RW) setempat agar masyarakat berhati-hati, dan tidak melakukan pembakaran lahan karena akan berdampak kebakaran yang lebih luas lagi. Sebab Karhutla bagi perusahaan adalah “musuh” bersama," kataSuparlan.

"Bagi kami dari perusahaan PT Arara Abadi Distrik Merawang yang merupakan salah satu unit usaha APP Sinar Mas, selalu menghimbau dan selalu melakukan sosialisasi pencegahan Karhutla kepada masyarakat disekitar operasional perusahaan, bersama-sama aparat pemerintah baik TNI/POLRI, Aparat Desa (RT/RW) setempat agar masyarakat berhati-hati, dan tidak melakukan pembakaran lahan karena akan berdampak kebakaran yang lebih luas lagi nantinya, karena Karhutla bagi perusahaan adalah “musuh” bersama," kata Suparlan.

Sementara itu Babinkamtibmas Desa Pulau Muda, dari Polsek Teluk Meranti, Atan Yulizar menyampaikan terimakasih kepada masyarakat dan tim RPK PT Arara Abadi.

”Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat dan PT Arara Abadi yang sangat peduli dan tanggap terhadap karlahut yang berada di luar konsesi perusahaan, baik itu dalam kegiatan sosialisasi, antisipasi karhutla, verifikasi hotspot, koordinasi dengan MPA desa, Manggala Agni maupun Polsek , dan cepat tanggap membantu penanganan kebakaran lahan dan hutan dengan mengerahkan sumber daya yang ada seperti peralatan pemadaman, personil, alat berat bahkan heli water bombing,” kata Atan.

Ketua MPA Desa Pula Muda Ateng Arifai menambahkan PT Arara Abadi sangat membantu dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran, dan bekerjasama dengan MPA desa untuk menggencarkan sosialisasi, patroli dan penanggulangan karhutla. PT Arara Abadi selalu cepat tanggap apabila kebakaran terjadi di desa maupun di sekitar konsesesi perusahaan.
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar