PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, laksanakan Uji Kompetensi Crew Leader RPK

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Arara Abadi

PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, laksanakan Uji Kompetensi Crew Leader RPK

PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, laksanakan Uji Kompetensi Crew Leader RPK dari LSPHI-BNSP (ANTARA/HO)

Perawang (ANTARA) - Setelah melakukan Program sertifikasi kepada seluruh anggota RPK (Regu Pemadam Kebakaran) dari badan terkait seperti Manggala Agni Wilayah Riau Kementrian Kehutanan dan LIngkungan Hidup (KLHK) Republik Indonesia, mengawali masuk Tahun 2023, PT Arara Abadi yang merupakan salah satu unit usaha dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas di Regional Riau yang tergabung dalam Tim Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Riau telah melakukan Assesment dan Uji Kompetensi terhadap Crew Leader (Pemimpin Regu) RPK PT Arara Abadi APP Sinar Mas dari LSPHI-BNSP (Lembaga Seritifikasi Profesi kehutanan Indonesia-Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Jakarta dengan sistim camp (classroom) yang dilaksanakan hampir selama satu minggu dari tanggal 09-14 Januari 2023 bertempat di Pusat Training PT Arara Abadi APP Sinar Mas di Bunut Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Kegiatan Assesment dan Uji Kompetensi para Crew Leader PT Arara Abadi adalah untuk pertama sekali dilaksanakan oleh private sector (perusahaan swasta) di Indonesia yang diikuti sebanyak 25 orang dari berbagai area operasional regional APP Sinar Mas, Riau, Jambi, Palembang, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Kegiatan dibuka langsung oleh Corporate Fire Operation Management (CFOM) Head APP Sinar Mas, Sujica W.Lusaka, yang juga dihadiri oleh Tim Assesor dari LSPHI-BNSP Dr.Ir.Novianto, Bambang Wawandono , MS.i, Ir. Harjanto Wahyu Sukotjo,MS.c, Public Relations PT Arara Abadi-APP Sinar Ir. Mas Nurul Huda, MH.,M.I.Kom, FOM Head PT Arara Abadi, Priyo S. Utomo, ST, Decha AF. Hane, S.Pd.

Sujica W. Lusaka dalam sambutan menyampaikan, agar seluruh crew leader yang jadi peserta harus benar-benar mengikuti uji kompetensi ini.”Saya selaku penanggung jawab CFOM mengharapkan agar semua peserta harus benar-benar serius mengikuti uji kompetensi crew leader RPK ini mengingat pada tahun 2023 ini adanya tantangan Elnino yang mana cuaca diprediksi akan lebih ekstrim dari tahun sebelumnya, sesuai dengan perintah dan arahan pimpinan tertinggi agar semua bagian-bagian di perusahaan APP Sinar Mas termasuk di FOM jangan dilakukan kelalaian apalagi kesalahan.” Demikian Sujica menyampaikan.

Dalam kesempatan terpisah setelah pelaksanaan uji kompetensi, salah seorang dari Tim Assessor LSPHI-BNSP yang diwakili oleh Harjanto Wahyu Sukotjo sangat terkesan dengan pelaksanaan kegiatan uji kompetensi APP Sinar Mas ini dan kepada media menyampaikan: ”Terkait assessment ini, saya telah melakukan test kepada peserta tentang peralatan dan penggunaannya kemudian kami melihat langsung kapasitas yang ada dilapangan di distrik-distrik, baik tempat-tempat pemantauan, Pos menara, Pos penjagaan mencukupi dengan segala peralatan semuanya dalam kondisi baik, dan kepada peserta yang diassesi, semua nya telah bisa mempersiapkannya, baik portofolionya, attitude maupun skill serta kemampuan pengetahuannya. Secara keseluruhan pelaksanaan uji kompetensi APP Sinar Mas ini berjalan dengan baik dan kedepannya bisa dilanjutkan.” Demikian Harjanto Wahyu Sukotjo.

Sementara itu Fire Operation Management (FOM) Head PT Arara Abadi, Priyo S. Utomo didampingi Public Relation Nurul Huda kepada media menambahkan: ”Sebagai bentuk tanggung jawab dan kompetensi Perusahaan dalam pencegahan dan penangulangan Karhutla di Riau, yang mana perusahaan juga merupakan dari bagian dari Tim Satgas Pencegahan dan Penanganan Karhutla Riau yang dipimpin Gubernur Riau dan unsur Forkompinda Riau, selama ini seluruh anggota RPK FOM PT Arara Abadi telah tersetifikasi oleh badan terkait yaitu Manggala Agni Wilayah Riau Kementrian LHK-RI dan khusus kegiatan kali ini diperuntukan kepada seluruh crew leader (pimpinan regu) RPK PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, dan pada dasarnya seluruh crew leader selama ini juga FOM juga telah melakukan inhouse training internal perusahaan untuk semua crew leader yang ada.

Oleh karena itu, lanjutnya, selain untuk memenuhi regulasi pemerintah, kami juga ingin menguji kompetensi semua crew leader yang telah kami didik dan bina selama ini melalui LSPHI-BNSP. Setelah mengikuti Uji kompetensi ini dengan hasil seluruh peserta dinyatakan kompeten oleh Para penguji/assessor yang berasal dari LSPHI-BNSP.

Kegiatan ini akan kami laksanakan secara berkelanjutan baik dari tingkat crew leader hingga RPK. Uji kompetensi ini diikuti bukan hanya Crew Leader RPK yang ada di Riau, tetapi juga dari Jambi, Palembang, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah. Selain untuk menguji Kompetensi Mereka sebagai Crew Leader, kegiatan ini juga dijadikan sebagai Sharing Knowledge peserta dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla di masing masing areal yang menjadi tanggung jawab mereka.

Saya berharap agar uji kompetensi ini dapat dilaksanakan terus menerus sehingga crew leader maupun RPK kita dinyatakan kompeten atas Tugas dan tanggung jawab mereka oleh Pihak yang berwenang”. Demikian Priyo menyampaikan.

Baca juga: Tutup tahun 2022, PT Arara Abadi lakukan sosialisasi pencegahan karhutla di Kampus UMRI

Baca juga: PT Arara Abadi berkolaborasi dengan Jurnalis Kreatif Riau sosialisasi cegah Karhutla di SMAN 2 Siak