Tutup tahun 2022, PT Arara Abadi lakukan sosialisasi pencegahan karhutla di Kampus UMRI

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,karhutla

Tutup tahun 2022, PT Arara Abadi lakukan sosialisasi pencegahan karhutla di Kampus UMRI

PT Arara Abadi lakukan sosialisasi pencegahan karhutla di Kampus UMRI (ANTARA/HO)

Pekanbaru (ANTARA) - Menjelang penutupan akhir Tahun 2022, PT Arara Abadi yang merupakan unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, kembali melakukan kegiatan sosialisasi & Simulasi Pencegahan serta Penanggulangan Karhutla (Kebakaran hutan dan lahan)di Provinsi Riau kepada berbagai stakeholders (pihak yang berkepentingan), yang sebelumnya dilalukan diberbagai sekolah-sekolah (SLTA) pada tiga Kabupaten/Kota, Pekanbaru, Siak dan Dumai yang bekerjasama dengan Media dan Forum Jurnalis, kali ini kegiatan Sosialisasi Pencegahan serta Penanggulangan Karhutla di Provinsi Riau dilaksanakan kepada ratusan tamu diantaranya mahasiswa dan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau serta tamu undangan lainya bertempat di Kampus Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) pada hari Kamis Tgl.22/12/2022.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Riau Dr.H.Saidul Amin,MA Direktur Arara Abadi yang diwakili Ir. Wahyu, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Jayus, S.Sos., M.I.Kom selaku Koordinator/penangung jawab kepanitian kegiatan beserta para Dosen dan Mahasiswa UMRI, Public Relations PT Arara Abadi-APP Sinar Mas Ir. Nurul Huda, MH.,M.I.Kom beserta team Fire Operational Management (FOM) PT Arara Abadi-APP Sinarmas, serta juga turut hadir dari Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) Universitas Muhammadiyah Riau.

Jayus, S.Sos., M.I.Kom selaku Koordinator/penangung jawab kepanitian kegiatan, dalam pidato nya menyampaikan:” "Terimakasih atas kesempatan untuk mahasiswa kami. Kegiatan ini adalah bagian dari lanjutan kuliah lapangan setelah dua minggu sebelumnya para mahasiswa program studi Hubungan Masyarakat mengunjungi dan mengamati pelaksanaan program Corporate Social Responsbility, Desa Makmur Peduli Api (DMPA) berupa pertanian sayuran, peternakan sapi, serta kunjungan ke Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat PT Arara Abadi di Perawang, Siak" jelas Jayus.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Umri ini juga menyampaikan beberapa harapannya kepada perusahaan diantaranya adalah pelaksanaan program kementrian pendidikan yaitu Merdeka Bejalar Kampus Merdeka (MBKM) dan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi serta pemberian beasiswa kepada mahasiswa.

"Kami juga sampaikan banyak harapan kepada PT Arara Abadi diantaranya dapat menjadi pelaksanaan program kementrian pendidikan yaitu Merdeka Bejalar Kampus Merdeka (MBKM) dan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi serta pemberian beasiswa untuk mahasiswa kita" urai Jayus lagi.

"Kami juga sampaikan banyak harapan kepada PT Arara Abadi diantaranya dapat menjadi pelaksanaan program kementrian pendidikan yaitu Merdeka Bejalar Kampus Merdeka (MBKM) dan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi serta pemberian beasiswa untuk mahasiswa kita" urai Jayus lagi.

Sementara itu Direktur Arara Abadi yang diwakili oleh Ir.Wahyu Dalam sambutannya menyampaikan:”Dasar Program sosialisasi ini merupakan amanat dari peraturan Menteri Kehutanan No.32 Tahun 2016 tentang Pengendalian Karhutla. Perusahaan Arara Abadi dalam hal ini sangat konsen terhadap penanggulangan Karhutla, karena jika terjadi Karhutla di daerah kita yang akan menimbulkan bencana Kabut Asap dan akan berdampak terganggunya aktifitas kita semua, dianranya penyakit sesak nafas (ISPA).

Namun perusahaan dalam hal ini selalu saja dituding sebagai pembakar lahan, padahal fakta dilapangan perusahaan tidak merasa membakar, maka diperlukan klarifikasi dari perusahaan.

Semenrara Dasar Hukum UU No.41/1999 tentang Kehutanan.serta UU No.32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta UU lainnya yang cukup banyak aturan yang mengatur mengenai tidak bolehnya membakar lahan, kami selaku pemilik izin alangkah takutnya jika masih membakar, mudah-mudahkan melalui sosialisasi ini tidaklah lah lagi kami dituduh sebagai pembakar lahan.

Kami sangat antusias mengenai pengendalian kebakaran lahan ini. Perusahaan juga disyaratkan memiliki beberapa hal diantaranya pengorganisasian dan pengelolaan Sumber Daya Manusia, semua tim RPK (Regu Pemadam Kebakaran) perusahaan sudah memiliki sertifikasi dan sarana dan prasarana dan hal ini semuanya sudah dilihat dan disaksikan faktanya langsung oleh Pak Rektor dan Pak Dekan serta Mahasiswa yang telah berkunjung ketempat kami di Perawang dan lapangan, ini adalah kunjungan balasan kami atas kunjungan Rombongan Umri ke tempat kami.” Demikian disampaikan oleh Mewakili Direktur Arara Abadi, Wahyu.

Sementara itu Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan sosialisasi dan simulasi Pencegahan serta Penanggulangan Karhutla (Kebakaran hutan dan lahan) Provinsi Riau di UMRI menyampaikan sangat mengapresiasi upaya dan langkah sinergis PT Arara Abadi sejauh ini melalui program-program bersama fakultas yang telah dilakukan.

"Saya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan ini. Apa yang dilakukan tim pak Wahyu bersama kami adalah sesuatu yang baik. Bagi kampus tentu melihat fenomena sosial tidak lagi dari menara gading, tetapi sesuai dengan kebutuhan di alam nyata. Karena memang kegiatan ini adalah inplementasi tanggungjawab perguruan tinggi yang kemudian disinergiskan dengan tanggung jawab sosial perusahaan" urai Saidul Amin.

Lebih lanjut Saidul Amin menyampaikan "Keberadaan Perusahaan Arara Abadi ini di Provinsi Riau mulai melaksanakan bisnis pengelolaan kehutanan Tgl 06 Juli Tahun 1979 sampai sekarang, yang mana skala luasan konsesinya hingga hari ini terus meningkat, berarti peningkata itu berarti perusahaan ini terus berkembang dan layak untuk dipercaya.

Menurut Saidul peningkatan itu berkorelasi dengan peningkatan pendapatan perusahaan. Karenanya ia juga menyampaikan harapan kepada perusahaan dalam pemberian bantuan dalam bentuk bangunan seperti bangunan gedung perpustakaan misalnya sebagaimana kampus lainnya beberapa waktu lalu" urai Saidul lagi.

Salah seorang peserta dari Mahasiswa Pecinta Alama UMRI, Raja Alpian disela-sela kegiatan simulasi dilapangan kepada media menyampaikan:”Saya sangat berterima kasih kepada Regu Pemadam Kebakran (RPK) PT Arara Abadi-APP Sinar Mas yang sudah mengadakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan karhutla di provinsi Riau bertempat di Kampus UMRI, bukan hanya materi yang kami dapat kan, kami juga langsung terjun mempraktekkan gimana cara kerja nya.

Saya berharap kedepannya dari PT Arara abadi- APP Sinar Mas bisa membuat pelatihan langsung bersama RPK dan kami mahasiswa Umri siap untuk terjun langsung membantu setiap kegiatan dari RPK PT Arara Abadi-APP Sinar Mas.”