Puluhan kelompok tani Pekanbaru terima bantuan, atasi kerawanan pangan

id Puluhan,kelompok, tani ,Pekanbaru, terima ,bantuan, atasi ,kerawanan ,pangan

Puluhan kelompok tani Pekanbaru terima bantuan, atasi kerawanan pangan

Puluhan anggota Kelompok Tani (KT) Agro Mandiri Sejahtera Kota Pekanbaru menerima bantuan bibit dan alat pertanian  dari Dinas Ketahanan Pangan, Pekanbaru. (ANTARA/HO-)

Pekanbaru (ANTARA) - Puluhan anggota Kelompok Tani (KT) Agro Mandiri Sejahtera Kota Pekanbaru menerima bantuan bibit dan alat pertanian dari Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) setempat guna mengantisipasi kerawanan pangan di masyarakat.

Kepala Disketapang Pekanbaru Alek Kurniawan mengatakan, kota Pekanbaru kembali menyalurkan bantuan belanja pendukung pertanian kepada masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani guna mendorong petani sebagai garda terdepan dalam Program Penanganan Kerawanan Pangan di Kota Pekanbaru.

"Semoga bantuan ini dapat menambah semangat kerja anggota kelompok penerima manfaat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas untuk wujud nyata ketahanan pangan di tingkat keluarga," kata Alek Kurniawan di Pekanbaru, Rabu.

Ia menyebutkan, bantuan yang diberikan pada tahun 2022 cukup beragam, seperti bibit tanaman, yang terdiri dari bibit bawang, benih cabe rawit, benih terong, jagung, pare dan timun.

Selain bibit tanaman, ada juga bibit ikan lele, anak ayam buras lengkap dengan pakannya. Lalu ada infrastruktur pendukung, diantaranya bak pemeliharaan ikan fiber, gerobak sorong, rumah bibit, kandang ayam, mulsa dan polybag.

Ia menuturkan, bantuan kali ini merupakan yang kesekian kalinya, sebelumnya juga sudah dilakukan kegiatan serupa kepada 12 KT, dengan rincian 9 Kelompok Wanita Tani (KWT) dan 3 Kelompok Tani.

Untuk itu ia meminta pihak penerima manfaat, dalam hal ini KT Agro Mandiri Sejahtera agar dapat menggunakan dan memanfaatkan bantuan dari Pemko Pekanbaru dengan sebaik-baiknya.

Ia juga mendorong masyarakat agar dapat menggarap sektor pertanian dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan atau pekarangan kosong yang dimiliki.

"Lahan yang selama ini tidak dimanfaatkan bisa digunakan untuk ketahanan dan ketersediaan pangan bagi keluarga dan lingkungan sekitar," katanya.

Dirinya juga mendorong petani yang tergabung dalam kelembagaannya dapat menjadi garda terdepan dalam Program Penanganan Kerawanan Pangan di Kota Pekanbaru.

Ia juga mengajak masyarakat untuk berperan dalam menuntaskan satu persatu permasalahan kerawanan pangan di Kota Pekanbaru. Keseriusan Program kerja tersebut di antaranya dengan adanya sinergitas Disketapang bersama stake holder terkait lainnya, salah satunya bersama tim penyuluh dari Dinas Pertanian .