Anggaran Pendidikan Riau 2013 Berkurang Rp 40 MILIAR

id anggaran pendidikan, riau 2013, berkurang rp, 40 miliar

Anggaran Pendidikan Riau 2013 Berkurang Rp 40 MILIAR

Pekanbaru, 25/10 (antarariau.com) - Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Riau, Zaini Ismail menyebutkan bahwa penyusunan RAPBD-P tahun 2013 mengalami penurunan anggaran pendidikan sebesar Rp40 miliar lebih pada Dinas Pendidikan Riau.

"Pengurangan itu terjadi berhubungan dengan pengalokasian anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari total APBD murni tahun 2013, dan terbitnya surat edaran Mendikbud No. 017/MPK?SE/2013 tentang kebijakan transisi Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI)," kata dia di Pekanbaru, Jumat.

Dalam menjawab pandangan umum fraksi DPRD Provinsi Riau atas nota keuangan Raperda APBD Perubahan tahun 2013 ia yang mewakili Gubernur Riau mengatakan, salah satu keputusan dalam surat edaran Mendikbud itu adalah semua dokumen penganggaran yang menggunakan nomenklatur RSBI agar segera dilakukan revisi.

Oleh karena itu, katanya lagi, terjadi pengurangan anggaran sebesar Rp40 miliar pada anggaran Dinas Pendidikan itu dan menambahkan sedangkan untuk sekolah atau lembaga pendidikan agama yang kurang mendapat perhatian Pemrov. Riau, lebih karena sekolah agama merupakan kewenangan Kementrian Agama dan bukan menjadi kewenangan Pemprov Riau.

"Namun demikian, untuk menyelenggarakan sekolah dan lembaga pendidikan agama yang ada di daerah tetap perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat," katanya.

Bantuan anggaran dimaksud, katanya, tentunya bisa melalui APBD yang dialokasikan pada pos hibah atau bantuan bagi lembaga pendidikan.

"Pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Riau sudah melaksanakan amanat UU Pendidikan tentang pengalokasian dana pendidikan minimal 20 persen dari total APBD Provinsi Riau tahun 2013.

Hal ini dapat dilihat dengan total pengalokasian anggaran untuk sektor pendidikan sebesar Rp744,3 miliar lebih atau sebesar 20,69 persen dari total APBD Provinsi Riau tahun 2013 yakni sebesar Rp8,4 triliun itu.

Besarnya alokasi anggaran pendidikan tersebut, artinya Pemprov Riau telah melaksanakan program pusat untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui bidang pendidikan.