Rp35 miliar anggaran DAK SD/SMP di Siak terealisasi 100 persen, ini detailnya

id Dak siak, siak, sekolah siak, pendidikan siak

Rp35 miliar anggaran DAK SD/SMP di Siak terealisasi 100 persen, ini detailnya

Ilustrasi ruang belajar di Kabupaten Siak ketika dikunjungi Bupati Alfedri ketika belajar tatap muka dimulai 4 Januari lalu. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Anggaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Siak untukSekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2020 senilai Rp35 miliar sudah terealisasi 100 persen.

Kepala Disdikbud SiakLukman melalui Kepala Bidang SMP Fakhrurrozi mengatakan, untuk bidang SMP saja Siak mendapat DAK sebesar Rp21 miliar lebih. "Alhamdulillah, progres penggunaan anggaran itu tercapai 100 persen. Sejumlah sekolah tingkat SMP sudah direhab,” kata Fakhrurrozi, Kamis.

Rozi menguraikan, anggaran itu telah digunakan untuk merehabilitasi sebanyak 55 ruang kelas beserta perabotnya. Dari 55 ruang kelas itu terdiri dari 11 sekolah dan sudah rampung menjelang 31 Desember 2020 kemarin sehingga sekarang sudah bisa dinikmati siswa dan guru.

Kemudian merehabilitasi ruang laboratorium IPA beserta perabotnya yang sedikitnya ada delapan sekolah yang mendapatkannya. Ada lagi penggunaannya untuk merehabilitasi ruang laboratorium komputer beserta perabotnya.

Kemudian juga digunakan untuk merehabilitasi ruang perpustakaan beserta perabotnya untuk lima sekolah. Lalu merehabilitasi ruang guru beserta perabotnya untuk tujuh sekolah serta jamban satu sekolah.

Tak hanya merehabilitasi, pihaknya juga membangun laboratorium IPA beserta perabotnya empat sekolah, ruang perpustakaan beserta perabotnya empat sekolah. Juga Pembangunan jamban siswa beserta sanitasinya enam sekolah, laboratorium komputer beserta perabotnya 10 sekolah, pengadaan peralatan laborkomputer empat sekolah dan peralatan PJOK untuk sembilan sekolah.

"Sedikitnya ada 29 SMP yang menerima DAK 2020," imbuhnya.

Sementara itu pada Bidang SD Disdikbud Siak mendapatkan anggaran DAK 2020 sebanyak Rp14,1 miliar lebih. Kepala Bidang SD Supriyadi mengatakan anggaran itu telah dipergunakan sesuai untuk pembangunan toilet beserta sanitasinya untuk 20 sekolah dan perpustakaan beserta perabotnya untuk 11 sekolah.

Pihaknya juga melakukan pembangunan Ruang guru beserta perabotnya untuk 15 sekolah. Ada juga ruang pusat sumber pendidikan inklusif serta perabot untuk delapan sekolah serta ruang laboratorium komputer dan perabot untuk tiga sekolah.

Pada 2021 ini, Bupati Siak juga kembali mengusulkan proposal untuk DAK kepada pemerintah pusat. Namun ada kekhawatiran bahwa jumlah anggaran yang akan diterima tidaklah sebanyak tahun 2020 karena pemerintah lebih mengutamakan program penanggulangan COVID-19.

Baca juga: SD dan SMP di Siak mulai pembelajaran tatap muka pekan depan

Baca juga: Satgas COVID-19 Riau belum rekomendasikan sekolah tatap muka, begini penjelasannya