Pemrov Riau hibahkan BLK Dumai ke Kemnaker

id Disnakertrans Riau

Pemrov Riau hibahkan BLK Dumai ke Kemnaker

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau Imron Rosyadi. (Foto:Antara/HO-HUmas Nakertrasn Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau telah menghibahkan Balai Latihan Kerja (BLK) di Dumai kepada Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Ditjen Binapenta dan PKK) Kementerian Ketenagakerjaan.

"BLK di Dumai tersebut menjadi BLK Perluasan Kesempatan Kerja Kota Dumai, karena BLK ini di bawah pengelolaan Ditjen Binapenta dan PKK Kemnaker," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau Imron Rosyadi dalam keterangannya di Pekanbaru, Riau, Minggu.

Imron mengatakan untuk di Sumatera, BLK Perluasan Kesempatan Kerja ini satu-satunya ada di Dumai, Riau. Jadi BLK itu menjadi BLK Regional Sumatera Kemnaker.

Fungsi BLK itu nanti, kata Imrom,membuat ekosistem perluasan kesempatan tenaga kerja, misalnya apa saja tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan, tapi lebih mengarah tenaga kerja mandiri.

"Makanya nanti ada bantuan alat untuk peserta pasca-pelatihan dari pemerintah," katanya.

Namun demikian, kata Imron, pihaknya berharap BLK di Dumai itu digunakan untuk pelatihan pekerja migran Indonesia (PMI). Sebelum PMI dipekerjakan secara legal di luar negeri, mereka terlebih dahulu diberi pelatihan di BLK di Dumai ini," katanya.

Sementara itu Gubernur Riau juga menghibahkan lahan 10 hektare di Kubang. MenurutImron, hal itu merupakan bagian dari pengembangan BLK di Pekanbaru. Dimana di lahan tersebut nantinya dibangun pusat pelatihan atau bengkel kerja pertanian dan alat berat.

"Nanti di lahan itu dibangun oleh Kemnaker sebagai pengembangan BLK Pekanbaru, karena di sana lokasinya kecil sehingga tidak bisa untuk pengembangan, sehingga akan dicari lahan Pemprov Riau yang terdekat dan luas.