Tumpah ruah masyarakat hadiri pembukaan Bagholek Godang Festival di Kampar

id Bagholek Godang

Tumpah ruah masyarakat hadiri pembukaan Bagholek Godang Festival di Kampar

Tumpah ruah masyarakat hadiri pembukaan Bagholek Godang Festival Kabupaten Kampar. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Antusias masyarakat hadir pada acara festival Bagholek Godang yang ditaja Pemkab Kampar terlihat saat memadati pusat acara penampilan adat budaya di Lapangan Merdeka Bangkinang Kota, Sabtu malam (6/8).

Kehadiran ribuan warga menyaksikan penampilan kesenian budaya masyarakat Kabupaten Kampar dan beberapa daerah dari luar kabupaten membuat Penjabat Bupati Kampar Kamsol merasa sangat puas

"Alhamdulillah kami sangat puas dengan animo masyarakat yang sangat luar biasa," kata Kamsol membuka secara resmi acara festival itu.

Ia berharap kegiatan yang berlangsung selama enam hari hingga Jumat (12/8) ini menjadi sebuah potensi besar dalam memajukan serta mengembangkan sektor kesenian dan pariwisata untukmeningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Kampar.

Hadir pada pembukaan itu Kepala Arsip Nasional RI Imam Gunarto, Dirjen Layanan Pemanfaatan Asrip Nasional Multisiswati, Forkopimda Kampar, Sekda Yusri, para asisten, staf ahli, para kepala dinas, Ketua TP-PKK Kampar Deswita, pimpinan universitas, BUMD dan perbankan.

Buka bazar

Di sekeliling pusat acara telah berdiri stan-stan yang menampilkan berbagai kuliner, kerajinan serta karya seni dari berbagai kalangan masyarakat.

Kamsol melakukan gunting pita sebagai tanda pembukaan bazar Bagholek Godang Festival 2022 Kabupaten Kampar di stanTP PKK

Kemudian meninjau setiap stanyang ada di lokasi dari seluruh OPD di Lingkungan Pemkab Kampar, Peguyuban, Komunitas seni dan budaya, BUMD /BUMN, Instansi vertikal dan perusahaan yang beroperasi di Kampar. Mulai dari stand TP PKK Kabupaten Kampar, Dharma Wanita Persatuan (DWP), Dekranasda, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, SKK Migas Area Sumbagut, StanKodim 0313/KPR dan Stand BRI.

Kamsol mengatakan bahwa stanini merupakan ajang untuk mempromosikan adat,budaya dan kesenian Kabupaten Kampar juga sebagai sarana untuk menghimpun para pelaku UMKM serta menjadikan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli serta sarana promosi berbagai hasil kerajinan rakyat produk unggulan yang ada di Kabupaten Kampar.

Dengan adanya bazar ini nantinya mampu untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat kita yang hampir dua tahun belakangan ini terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Didampingi Sekda Yusri, Pj Bupati bersama Ketua TP PKK Deswita Kamsol, Ketua DWP, July Mastuty Yusri, Kepala OPD di serta Forkopimda.