Menteri Desa PDTT RI puji Kampar sebagai beradat dan agamis

id Kampar, bagholek godang

Menteri Desa PDTT RI puji Kampar sebagai beradat dan agamis

Menteri Desa PDTT RI saat penutupan Bagholek Godang di Kampar. (ANTARA/

Bangkinang Kota (ANTARA) - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Halim Iskandar hadir pada acara penutupan Festival Bagholek Godang di Lapangan Merdeka Bangkinang Kota, Jumat malam.

Pada kesempatan tersebut itu, menteri menyampaikan rasa bangga dan memberikan apresiasinya terhadap Kabupaten Kampar.

"Saya sangat mengapresiasi Bupati Kampar dan masyarakat Kabupaten Kampar yang merupakan negeri yang berada berbudaya dengan kehidupan yang agamis, kami sangat bangga dengan Kabupaten Kampar yang masih memegang kehidupan dengan berdasarkan adat istiadat yang berlandaskan syariat islam," kata Menteri.

Dia sebutkan, ini luar biasa kepada Pj Bupati dan Sekda serta masyarakat Kampar yang telah menyelenggarakan kegiatan yang dinikmati seluruh masyarakat ini.

Ada pesan dalam doa pembuka yang disimak Menteri, yakni cilakoanak gadihbajojangsonjo atau celaka bagi anak gadis jalan waktu senja. Kemudian cilakoanak bujang ndak bapiti atau celaka anak muda tidak punya uang. Hal di atas sama di Pulau Jawa

Ia berharap dengan kepemimpinan Kasmol, Kampar pasti akan lebih maju dan masyarakatnya sejahtera.

Didampingi Penjabat Bupati Kampar Kamsol, ia menyerahkan penghargaan kepada pengrajin dan pengusaha rumah tangga seperti pengrajin besi di Rumbio Jaya, pengusaha bolu Mak Itam asal Desa Kuok serta pemasangan selempang kepada Bujang dan Dara Kabupaten Kampar 2022 dan penyerahan penghargaan kepada Suhaimi pengusaha turunan ikan patin XIII Koto Kampar.

Hadir disana, Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI H Abdul Wahid, Kadis PMD Djoko Edy Imhar, Forkopimda Kampar, serta para pejabat eselon II di lingkungan Pemda Kampar.

Tumpah ruah masyarakat meramaikan penutupan itu sambil menikmati sajian lagu melayu dibawakan Iyet Bustami, Defri Arief Arianto LIDA dan Nur Aisyah Selegram Kabupaten Kampar.

Pj Bupati Kampar pada kesempatan tersebut, menyampaikan selamat datang kepada Menteri yang telah sudi hadir ke Kampar hanya untuk menutup Bagholek Godang. Semoga dengan kedatangan Menteri ke Bumi Serambi Mekkah ini membawa berkah nantinya" kata Kamsol.

"Terima kasih kepada seluruh komponen yang telah mendukung terselenggaranya Bagholek Godang Festival Kabupaten Kampar tahun 2022 ini, semoga ini dapat mengangkat dan melestarikan budaya, seni dan ekonomi kreatif Kabupaten Kampar," kata Kamsol.

Sementara Sekda Kampar Yusri menyatakan bahwa Bagholek Godang diselenggarakan mulai tanggal 06 s/12 Agustus 2022 dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Riau ke 65 dan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77, Alhamdulillah telah berjalan dengan sukses dan lancar, kegiatan ini memberikan multiplierefek yang luar biasa bagi masyarakat.

"Alhamdulillah pada penutupan ini kita dapat memberikan hiburan kepada masyarakat dengan mendatangkan artis nasional dan Artis Kampar yang telah tampil pada liga dangdut Indonesia," ujarnya.