Bupati Wardan akan perjuangkan relokasi korban longsor di Desa Simpang Tiga Enok

id BUpati inhil,longsor di simpang tiga enok, bupati tinjau lokasi longsor

Bupati Wardan akan perjuangkan relokasi korban longsor di Desa Simpang Tiga Enok

Bupati Inhil, Muhammad Wardan meninjau  lokasi musibah longsor di desa Simpang Tiga kecamatan Enok, Senin (1/8/2022). (ANTARA/HO-mediacenter Inhil)

Tembilahan (ANTARA) - Bupati Indragiri HilirMuhammad Wardan menyampaikan akan memperjuangkan alokasi tanah untuk relokasi para korban yang terdampak musibah longsor di Desa Simpang Tiga Enok.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati saat meninjau lokasi musibah longsor di desa Simpang Tiga kecamatan Enok, Senin (1/8). Ia menyampaikan bela sungkawa atas musibah yang menimpa masyarakat di desa tersebut.

Bupati meminta kepada pemerintah desa segera membuat laporan korban musibah longsor secara rinci agar segera mendapat bantuan oleh pemerintah pusat.

"Tolong kepada pihak desa agar dibuat laporan nya secara rinci masyarakat kita yang terkena musibah dan akan saya bawa ke pusat untuk kita carikan bantuannya," ujar Bupati.

Wardan mengatakan akan berjuang agar bisa mendapatkan bantuan baik di pusat dan provinsi.

"Saya akan usahakan, semoga diperlancar dan warga kita dapat memiliki tanah serta rumah yang baru lagi," tambahnya.

Informasi terbaru, sebanyak 32 unit rumah rusak pada musibah longsor tersebut. 18 di antaranya mengalami rusak berat dan 14 mengalami rusak ringan dan akan menerima bantuan berupa uang tunai,sembako serta perabotan rumah tangga.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada masyarakat yang mengalami musibah, memang nilai nya tidak sebanding dengan apa yang sudah hilang tapi semoga dapat meningkatkan sedikit beban para korban," tuturnya.

Sementara Ketua PMI Cabang Inhil, Zulaikhah Wardan yang turut mendampingi Bupati menyampaikan rasa empati atas musibah tersebut.

"Musibah bisa datang kapan saja, untuk itu kita harus siap menerima, selaku ketua PMI Cabang Inhil kita juga ikut menyerahkan bantuan," ucapnya.

Sebelumnya pada Minggu ( 31/7) musibah longsor terjadi di Desa Simpang Tiga Enok, kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir.

Selain merusak puluhan rumah, peristiwa tersebut juga merusak satu ruas jalan desa (jalan nelayan) sepanjang 100 meter fasilitas publik lainnya seperti dermaga dan Posko COVID-19.

Camat Enok Ambo Asse menyebutkan, peristiwa tersebut terjadi pada siang hari sekitar pukul 11.30 WIB. Warga yang terdampak abrasi adalah warga yang bermukim di pinggir sungai.