Riau Gelar Pameran Buku Tingkatkan Minat Baca

id , riau gelar, pameran buku, tingkatkan minat baca

  Riau Gelar Pameran Buku Tingkatkan Minat Baca

Pekanbaru, 25/9 (antarariau.com) - Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau membuka pameran buku dengan bazar yang menyediakan diskon besar-besaran untuk menarik minat baca masyarakat setempat.

"Ada sebanyak 50 stand yang kami sediakan dalam Bazar Buku kali ini," kata Kepala BPAD Riau, Chairul Rizki kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut telah dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir dengan tujuan menambah pengetahuan dan menumbuhkan minat baca masyarakat di Provinsi Riau, khususnya Pekanbaru.

Pada bazar kali ini, seluruh pengisi stand diwajibkan menyediakan buku yang bisa meningkatkan ilmu pengetahuan, mulai dari politik, bisnis atau wirausaha, pendidikan dan biologi. "Termasuk juga mengenai lingkungan. Untuk satu stand bahkan kami sediakan khusus bagi pecinta lingkungan, termasuk pencinta reptil," katanya.

Menurut dia, Bazar Buku yang dilaksanakan Puswil Soeman HS itu sangat bermanfaat karena berpotensi merangsang minat baca masyarakat.

Meski zaman saat ini sudah begitu canggih, kata Rizki, namun keberadaan buku tidak akan bisa tersaingi oleh teknologi sekalipun.

"Acara ini juga untuk menyadarkan masyarakat, bahwa membaca adalah hal yang terpenting untuk mengetahui dunia dan menambah wawasan agar dewasa dalam segala hal," katanya.

Bazar Buku tersebut bertempat di halaman Perpustakaan Wilayah Soeman HS Provinsi Riau. Kegiatan tersebut rencananya menurut panitia, akan dilaksanakan hingga beberapa hari ke depan.

Terpantau sejumlah stand tampak dipadati oleh banyak pengunjung dari berbagai kalangan, mmulai pelajar, mahasiswa, hingga kalangan pekerja swasta dan pegawai negeri.

Rizki menjelaskan, sebelumnya BPAD Riau juga telah sukses menggelar Roadshow Pustaka Nasional.

Untuk kegiatan kali ini, kata dia, dilaksanakan dalam rangka hari kunjung perpustakaan dan bulan gemar membaca yang jatuh pada September 2013.

Rizki menjelaskan, stand-stand pameran buku kali ini, diisi oleh penerbit lokal dan nasional, perpustakaan kabupaten/kota dan perpustakaan perguruan tinggi.