Pengelola Monas tidak batasi jumlah pengunjung saat uji coba pembukaan kembali

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Monas

Pengelola Monas tidak batasi jumlah pengunjung saat uji coba pembukaan kembali

Warga beraktivitas dengan latar belakang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (16/6/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.)

Jakarta (ANTARA) - Pengelola bangunan ikonik kota Jakarta, Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, tidak membatasi jumlah pengunjung selama periode uji coba pembukaan kembali untuk umum.

"Tidak dibatasi, hanya waktu saja yang dibatasi. Kita mulai buka gerbang jam 6 pagi, nanti ditutup jam 4 sore," kata Humas Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Monas, Nursamin saat ditemui di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu.

Nursamin menjelaskan, UPK Monas hanya membatasi waktu kunjungan, yakni pukul 06.00-16.00 WIB. Monas ditutup untuk umum setiap Senin untuk dilakukan perawatan.

Pengunjung dapat masuk melalui satu-satunya gerbang, yakni melalui Pintu Lenggang Jakarta dengan memastikan sudah melengkapi vaksinasi, melakukan skrining aplikasi PeduliLindungi dan mencuci tangan.

Jika ada pengunjung belum melengkapi vaksinasi, UPK Monas menyediakan gerai vaksinasi di Pintu Lenggang Jakarta.

Selain itu, pengunjung hanya diperbolehkan untuk berada di area kawasan Taman Medan Merdeka atau lingkar luar Monas. Sedangkan Tugu Monas masih ditutup.

Adapun alasan pembukaan kembali Monas karena tingginya animo masyarakat setelah bangunan bersejarah kebanggaan Ibu Kota tersebut harus ditutup selama dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19.

"Setelah dua tahun, tentunya karena animo masyarakat cukup besar dan kita juga kemarin masih menunggu instruksi dari pemprov," kata Nursamin.

Pada hari pertama dibuka Kamis (16/6), Monas dikunjungi lebih dari 3.000 pengunjung. Jumlah tersebut diperkirakan meningkat pada akhir pekan ini.

Baca juga: Demo mahasiwa, hujan gerimis bubarkan pengunjuk rasa di Monas

Baca juga: Tugu Monas masih ditutup untuk pengunjung