442 Caleg Inhu Bersaing Rebut 40 Kursi

id 442 caleg, inhu bersaing, rebut 40 kursi

442 Caleg Inhu Bersaing Rebut 40 Kursi

Rengat, 8/9 (antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Indragiri Hulu, Provinsi Riau, menetapkan jumlah calon legislatif dalam daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2014 sebanyak 442 orang untuk memperebutkan 40 kursi.

"Mereka harus bersaing meyakinkan masyarakat agar mau memilih calon yang bersangkutan sebagai wakil rakyat," kata Ketua KPU Inhu Fauzi Muktar di Pematang Reba, Kec. Rengat Barat, Minggu.

Dikatakannya, Caleg yang dinyatakan lolos diumumkan dalam Daftar Caleg Tetap (DCT) melalui sejumlah media massa, papan pengumunan dan pada sejumlah baliho yang dipajangkan di lokasi strategis di Indragiri Hulu.

Hal itu dimaksudkan agar dapat membantu masyarakat untuk mengenal figur dari masing-masing calon serta menuntun mereka dalam menentukan pilhannya sesuai hati nurani warga.

"Kami berharap pada pemilihan legislatif nanti masyarakat Indragiri Hulu dapat menggunakan hak suaranya dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku," sebutnya.

Pada Pemilu legislatif 2014, daerah pemilihan di Kabupaten Indragiri Hulu dibagi menjadi empat Dapil yaitu Dapil Inhu satu, Dapil Inhu II, Dapil Inhu III dan Dapil Inhu IV.

Di 2014 anggota DPRD Inhu menjadi 40 orang. DAK2 yang diterima KPU Inhu, jumlah penduduk Inhu mencapai 420.221 jiwa, terdiri dari 217.797 laki-laki dan 202.424 perempuan. Dari empat dapil, seluruhnya terdapat penambahan alokasi kursi, masing-masing untuk dapil I, III dan IV satu kursi dan untuk dapil dua terjadi penambahan dua kursi.

Dapil I meliputi Kecamatan Rengat, Rengat Barat dan Kuala Cenaku. Dapil II meliputi wilayah Kecamatan Seberida, Batang Cenaku dan Batang Gangsal. Dapil III meliputi wilayah Kecamatan Peranap, Batang Peranap, Kelayang daen Rakit Kulim. Sedangkan Dapil IV meliputi wilayah Kecamatan Pasir Penyu, Lirik, Sei Lala dan Lubuk Batu Jaya.

"Jumlah Caleg yang maju dalam memperebutkan kursi legislatif sudah valid dan final," tegasnya.

Sedangkan pada Pemilukada Pilgubri dan Pilwagubri 2013 telah selesai dilaksanakan, hanya saja banyak warga Indragiri Hulu tidak menggunakan hak pilihnya.

Hal ini sangat disayangkan, karena partisipasi masyarakat adalah penting untuk menentukan calon pemimpin Riau lima kedepan.