Rebut pimpinan dewan, PDIP raih 10 kursi di DPRD Bengkalis

id pdip bengkalis,pemilu 2024,kursi terbanyak dprd bengkalis,kabupaten bengkalis

Rebut pimpinan dewan, PDIP raih 10 kursi di DPRD Bengkalis

Logo PDIP. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan bakal merebut pimpinan di parlemen yang sebelumnya di pegang oleh PKS dengan meraih 10 kursi untuk DPRD Kabupaten Bengkalis berdasarkan hasil pleno KPU pada Senin (4/3). Torehan yang diraih pada Pemilu 2024 ini naik dibandingkan pada Pemilu 2019 sebanyak 5 kursi.

10 kursi diraih partai berlambang moncong putih ini didapatkan di Dapil Bengkalis 1 (Kecamatan Bengkalis-Bantan)1 kursi, Dapil Bengkalis 2 Kecamatan Bukit Batu-Bandar Laksamana-Siak Kecil (1 kursi), Dapil Bengkalis 3 Kecamatan Pinggir-Talang Mandau (2 kursi), Dapil Bengkalis 4 Kecamatan Mandau (4 kursi), Dapil Bengkalis 5 Kecamatan Bathin Solapan (1 kursi) dan Dapil Bengkalis 6 Kecamatan Rupat-Rupat Utara (1 kursi) dengan total perolehan 70.321 suara.

Perolehan suara terbanyak dua diraup oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebelumnya hanya 3 kursi, naik menjadi 5 kursi dengan perolehan 41.984 suara, disusul Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) juga mendapatkan 5 kursi dengan 32.910 suara, dan empat besar terakhir adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 5 kursi dengan mengantongi 28.578 suara.

Sedangkan Partai Golongan Karya (Golkar) sebelumnya 8 kursi dan Partai Amanat Nasional (PAN) 6 kursi, pada Pileg 2024 ini hanya memperoleh masing-masing 3 kursi. Artinya, di periode berikutnya kedua partai ini terpaksa bergeser dari kursi pimpinan parlemen.

Sementara itu, perolehan suara tertinggi perseorangan Caleg pada Pemilu 2024 ini dikoleksi oleh Caleg dari Partai PDIP yakni Septian Nugraha sebanyak 17.387 suara di Dapil 4 (Kecamatan Mandau).

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Bengkalis, Sofyan mengatakan, bahwa kemenangan ini merupakan hasil jerih payah dan kerja sama dari seluruh "mesin-mesin" partai. Dia juga menyebutkan, "meledaknya" perolehan suara PDIP pada Pileg 2024-2029 merupakan keberhasilan yang tidak terlepas dari dukungan penuh keluarga besar Bupati Bengkalis ke-14 Amril Mukminin yang telah bergabung dan membesarkan PDIP di Kabupaten Bengkalis.

"Keberhasilan ini juga atas dukungan penuh keluarga besar Bupati Bengkalis ke-14 Amril Mukminin yang telah bergabung bersama PDIP, dan menjadi spirit tersendiri atas kemenangan PDIP," ungkapnya kepada awak media, Selasa.

Perolehan suara terbanyak ini menjadi pemicu semangat kita ke depan bagaimana bisa mengabdi kepada masyarakat sebagaimana slogan kita partai wong cilik yang mengedepankan program kerakyatan.