Miris, pria di Pekanbaru ke masjid untuk bobol kotak amal

id Pencurian kotak amal masjid,pencuri masjid,kotak amal,kotak infak, pencuri kotak amal

Miris, pria di Pekanbaru ke masjid untuk bobol kotak amal

Pelaku pencuri isi kotak amal terekam CCTV. (ANTARA/tangkapan layar)

Pekanbaru (ANTARA) - Tiga kotak amal Masjid Amaliyah di Jalan Ismail Yusuf, TangkerangTengah, Pekanbaru dibobol seorang pria pada Selasa (24/5) sekitar pukul 14.40 WIB.

Kejahatan tersebut terekam kamera pengawas yang berada di dalam dan luar masjid. Dari hasil rekaman, tampak seorang pria yang mengenakan masker serta menutup kepalanya dengan sarung masuk melalui pintu belakang masjid.

Ketua Masjid Amaliyah, Nazirun di Pekanbaru, Jumat, menjelaskan pergerakan pelakutampak dari rekaman kamera pengawas. Awalnya, pelaku hanya duduk di luar, kemudian ia mengendap-endap dan mengawasi keadaan sekitar sebelum akhirnya masuk ke dalam masjid.

Di dalam masjid pun pelaku tak langsung melancarkan aksinya, ia sempat duduk dan mondar-mandir di sekitar kotak amal. Saat itu memang kondisi masjid tengah kosong usai shalat Zuhur.

Baca juga: Dua remaja ini nekat bobol kotak amal masjid di Pekanbaru

Setelah dirasa aman, pelaku kemudian menghampiri ketiga kotak dan berhasil membobolnya. Ia meraup semua uang di dalamnya tanpa sisa.

"Kami tak bisa pastikan jumlah uang yang raib. Namun beberapa hari sebelumnya kotak amal telah dikosongkan pengurus. Jadi jumlah yang berhasil digondol pelaku merupakan hasil infak selama empat hari," terang Nazir.

"Sebelumnya kotak amal dalam keadaan terkunci. Setelah pencurian itu diketahui pengurus, tampak kunci kotak amal telah dipatahkan," lanjutnya.

Nazir menyebutkan beberapa tahun sebelumnya mesin genset, tangga dan beberapa peralatan lain pernah juga dicuri. Namun untuk pembobolan kotak amal, ini kejadian pertama dalam lima tahun terakhir.

"Kami belum melapor ke pihak berwajib hingga saat ini. Identitas yang kami curigai ada, namun kami belum dapat memastikannya," pungkasnya.

Baca juga: Usai beraksi di masjid, tiga pencuri motor di Inhil diringkus polisi

Baca juga: Pembobol kotak amal di masjid Tembilahan berhasil dibekuk terbantu rekaman CCTV