Pantau lalulintas ikan, ini yang dilakukan Bandara SKK II Pekanbaru

id Bandara pekanbaru, bandara ssk ii, bandara riau

Pantau lalulintas ikan, ini yang dilakukan Bandara SKK II Pekanbaru

PT Angkasa Pura II Cabang Bandar Udara Sultan Syarif Kasim  (SSK) II Pekanbaru dan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) setempat, lakukan  penandatanganan Letter of Coordination Agreement (LOCA) pemeriksaan lalu lintas ikan, Pekanbaru, Kamis (7/4/2022). (ANTARA/HO-SKK ll)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Angkasa Pura II Cabang Bandar Udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru dan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) setempat, lakukan penandatanganan Letter of Coordination Agreement (LOCA) pemeriksaan lalu lintas ikan.

"LOCA ditujukan untuk meningkatkan efektifitas pemeriksaan lalu lintas ikan dan hasil perikanan yang melalui Bandar udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru," kata Kepala SKIPM Pekanbaru Ade Syamsudin di Pekanbaru, Kamis.

Ade mengatakan, penandatanganan LOCA terkait pemeriksaan lalu lintas ikan dan hasil perikanan di wilayah Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru ini, merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) dengan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II (Persero).

Isi kesepakatan tentang penguatan kerjasama serta koordinasi pemeriksaan lalulintas ikan dan hasil perikanan di wilayah bandar udara yang dikelola PT. Angkasa Pura II, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun ruang lingkup LOCA sendiri antara lain terdiri dari koordinasi pemeriksaan lalu lintas ikan dan hasil perikanan, pertukaran data dan informasi, peningkatan kompetensi petugas teknis serta kerjasama fasilitasi perdagangan ikan dan hasil perikanan.

Baca juga: Gubri surati Menhub minta Bandara Pekanbaru dibuka untuk penerbangan internasional

Sementara itu EGM Bandar Udara SSK II Pekanbaru MHendra Irawan menjelaskan, bahwa bandara memiliki peranan dalam mengendalikan lalu lintas komoditas terutama perikanan.

"Sehingga dibutuhkan peningkatan koordinasi, komunikasi dan kolaborasi dengan stake holder terkait dalam hal ini SKIPM Pekanbaru," kata M Hendra Irawan.

M Hendra Irawan menambahkan, bahwa LOCA ini diharapkan tidak hanya mencakup ketentuan teknis pengamanan dan pengendaliannya saja.

"Akan tetapi menjadi komitmen bersama untuk saling bertukar informasi, pengetahuan, dan peningkatan keterampilan masing-masing personel dalam rangka mewujudkan sinergi yang solid," tukasnya.

Baca juga: Terciduk bawa sabu, pasangan sejoli ini diamankan petugas Bandara Pekanbaru

Baca juga: Antisipasi peningkatan COVID-19, Bandara SSK II Pekanbaru perketat pengawasan