Inhu raih dua prestasi pada ajang Anugerah Pariwisata Riau 2022

id Inhu,Wisata inhu

Inhu raih dua prestasi pada ajang Anugerah Pariwisata Riau 2022

Dua piala prestasi wisata 2022 di bidang pariwisata. (ANTARA/dok)

"Prestasi memberikan motivasi, mendukung Inhu menuju tujuan wisata nasional,
Rengat (ANTARA) - Staf Ahli Bidang Umum Pemerintah Indragiri Hulu, Riau Ahmad Syukur mengatakan, pada ajang "Anugerah Pariwisata Riau 2022" dua penghargaan dibawa pulang untuk masyarakat Inhu.

"Penghargaan itu yakni, anugerah kampung adat terpopuler dan situs sejarah terpopuler," kata Syukur yang mewakili Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi di Rengat, Kamis.

Perolehan dua anugerah itu membuat semua pihak bangga dan bukan saja masyarakat, pemerintah daerah namun juga pengelola objek wisata. Oleh karena itu, Syukur sangat berterima kasih atas peran semua pihak.

Penghargaan dan apresiasi tinggi juga disampaikan kepada Gubernur Riau dan Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Riau yang telah menggelar acara tersebut. Sebab, anugerah itu dapat mendukung program pengembangan wisata Inhu.

"Pada acara pemberian anugerah, Selasa (22/3) malam di Kota Pekanbaru, banyak masyarakat menyaksikan acara bergengsi itu," ujarnya.

Semua berharap meraih prestasi cemerlang, Kampung Adat Talang Mamak Dusun Tuo Datai, Desa Rantau Langsat, Batang Gansal adalah salah satu desa wisata favorit dan tujuan wisata nasional di Inhu. Keunikan, alam yang asri dan nyaman adalah faktor pendukung objek wisata lokal ini.

Sedangkan, komplek Makam Raja Raja Indragiri Desa Kota Lama, Rengat Barat, selama ini salah satu objek wisata religi unggulan karena terpelihara, terkelola sangat baik, bersih dan memiliki nilai sejarah religius tinggi.

Acara itu juga dihadiri langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar beserta Bupati/Walikota se Provinsi Riau.

Selain itu, ada kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno secara daring, yang berdampak positif secara global dan nasional untuk perkembangan wisata Inhu.

Dia mengatakan perolehan anugerah tersebut akan mendongkrak ekonomi maupun kunjungan wisatawan nasional ke daerah.

Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopiselalu memberikan saran masukan dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif agar terus berkembang. Hal ini sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih 2021-2026.

Sementara itu, KadisporaparKabupaten Inhu Atan mengaku sangat bangga atas prestasi yang diterima Inhu dengan perolehan dua anugerah dicapai tahun 2022.

"Sebelumnya, tahun 2021 lalu Inhu meraih juara III Lomba Desa Wisata, yakni Desa Rantau Langsat, Batang Gansal," ujarnya.