Bupati Wardan harapkan lonjakan prestasi Kota Layak Anak

id Bupati Inhil,Muhammad Wardan,Kota Layak Anak

Bupati Wardan harapkan lonjakan prestasi Kota Layak Anak

Bupati Inhil Muhammad Wardan saat memimpin rapat. (ANTARA/)

Tembilahan (ANTARA) - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Riau Muhammad Wardanmengharapkan adanya lonjakan prestasi Kota Layak Anak (KLA) pada tahun 2022 di daerah itu.

"Kalau tahun 2021 kita baru dapat meraih peringkat pratama, saya harapkan pada tahun 2022 ini bisa melonjak ke peringkat lebih tinggi", ujar Bupati Wardan saat memimpin rapat gugus tugas dalam rangka persiapan penilaian, di Tembilahan, Jumat(18/3) kemarin.

Selain itu, Bupati juga mengingatkan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat memahami tujuan KLA ini agar dapat menyatukan persepsi dan langkah-langkah yang akan dilakukan.

“Tujuan KLA itu untuk mewujudkan pembangunan yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam membuat kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak," kata dia.

Bupati juga memastikan agar anak di Indragiri Hilir mendapatkan informasi yang benar-benar mereka butuhkan dan sesuai dengan kepentingan terbaik bagi generasi seusianya.

"Misalnya, sebelum OPD, pelaku usaha, sekolah dan seluruh organisasi menyampaikan informasi kepada publik, pastikan informasi tersebut layak bagi anak dan ada informasi yang dikhususkan untuk anak. Kita harus memberikan pemahaman apa saja informasi yang baik, sehingga anak bisa menyaring dan memilah sendiri berbagai informasi yang diterimanya," jelas Bupati.

Informasi layak bagi anak, lanjutnya, berarti informasi yang tidak membahayakan bagi anak, tidak mengandung unsur kekerasan, pornografi, isu SARA, dan lainnya.