Wisata Puncak Kompe Perlu Sentuhan Investor

id Kompe,Puncak kompe

Wisata Puncak Kompe Perlu Sentuhan Investor

Anggota DPR RI Muhammad Nasir saat berada di Puncak Kompe. (ANTARA/Netty M)

Kampar (ANTARA) - Anggota DPR RI Muhammad Nasir menyarankan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pemerintah Desa Koto Masjid akan pentingnya peran serta investor dalam pengembangan objek wisata di Puncak Kompe.

"Kehadiran investor itu diharapkan dapat membangun fasilitas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuhnya perekonomian masyarakat setempat," kata politisi Partai Demokrat ini usai berkunjung ke Puncak Kompe, Sabtu.

Dengan peran investor, maka tempat akan dibangun kelengkapan berbagai sarana penunjang untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi. Mulai dari pengaturan tempat datang dan pulang, serta ada arena permainan di sekitar perairan di bawah.

Misalnya dibuat wahana permainan jet ski, ada tempat penginapan bagi pengunjung dan fasilitas tempat jajanan atau kuliner yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Dia juga berharap dalam pengembangan tempat wisata tersebut ada peran pemerintah untuk menghadirkan investor juga sangat penting agar dapat membantu pembangunan.

"Saat ini hanya di Puncak Kompe saja ada pergerakan ekonomi, ke depan juga semua fasilitas, sarana dan prasarana telah dibangun, maka akan membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara luas di daerah ini," tukasnya

Selain itu, lanjutnya, penting bagi masyarakat di kawasan Puncak Kompe membuat badan atau lembaga resmi yang mengelola usaha wisata ini agar dapat menumbuhkan ekonomi seperti adanya Koperasi Unit Desa (KUD).

Dia mencontohkan seperti di Borobudur ada 9 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) yang membantu dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat disana.

"Sayangnya disini pemandangannya telah bagus dan indah, namun tidak dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi," kata dia.

Sementara Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kampar Juswari meminta kepada aparat pemerintah desa maupun Pokdarwis di Puncak Kompe menindaklanjuti apa yang menjadi saran dari MNasir itu.

"Bentuklah KUD dan undang investor agar dapat berkembang wisata disini dan ekonomi masyarakat dapat tumbuh seiring dengan terpenuhinya sarana dan prasarana nantinya," ujarnya.