Petani Dumai Sabet Tiga Gelar Juara KTNA Riau

id petani dumai, sabet tiga, gelar juara, ktna riau

Dumai, (Antarariau) - Petani di Kota Dumai, Riau mengharumkan nama daerah dengan menyabet tiga gelar juara pada Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Propinsi Riau di Kabupaten Rokan Hulu.

Atas raihan tiga gelar tersebut, Wali Kota Dumai Khairul Anwar, Senin, secara khusus menyampaikan apresiasi kepada petani dan kelompok tani (Poktan) yang sukses menyabet juara tingkat Propinsi Riau itu.

Wali kota meminta kesuksesan ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi pada ajang berikutnya dengan prestasi yang lebih baik.

Ketiga gelar juara yang disabet petani Dumai, yaitu, Juara I lomba asah terampil beregu dengan diikuti 5 petani utusan. Kemudian, Juara I temu karya dengan peserta bernama Robin, petani dari Kecamatan Sungai Sembilan yang menampilkan pupuk organik untuk penyemaian.

Selanjutnya, juara I teknik okulasi durian yang diikuti Subagio, petani dari Kecamatan Medang Kampai. Untuk juara II juga diraih petani Dumai bernama Budiomo dengan karya pestisida dari tepung sabut kelapa.

Wali kota menegaskan, instansi Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) agar lebih meningkatkan pelayanan dan memperhatikan petani dalam melakukan kegiatan cocok tanam dan pemahaman pertanian yang baik dan tepat.

"Keberhasilan ini patut kita acungi jempol dan untuk kepentingan pada ivent tingkat nasional selanjutnya diminta Dinas Pertanian agar lebih memperhatikan petani," kata dia.