LSM Dumai Bersihkan Sampah Sungai

id lsm, dumai bersihkan, sampah sungai

 LSM Dumai Bersihkan Sampah Sungai

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Organisasi penggiat lingkungan, LSM Pecinta Alam Bahari (PAB) Club kota Dumai, Propinsi Riau melakukan pembersihan sampah di alur Sungai Dumai sepanjang 6 kilometer.

Ketua PAB Club Darwis Saleh, mengatakan, berdasarkan penelusuran pihaknya, berkaitan dengan hari lingkungan hidup, saat ini masih banyak sampah yang terapung dan sangkut di perairan sungai tersebut.

Perilaku dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan menurutnya, masih rendah dan perlu dilakukan penyadaran menjaga kebersihan alur Sungai dengan tidak membuang sampah sembarang.

"Bersih sungai ini kita mulai dari memasang spanduk himbauan untuk tidak membuang sampah di Sungai. Dari kegiatan ini kita juga mendapatkan bangkai kulkas dan banyak sampah plastik," ungkap Darwis.

Aksi memungut sampah di bantaran sungai, lanjut Darwis dilakukan dengan menggunakan perahu motor dan menyusuri alur sungai dari muara hingga ke jembatan di Jalan Hasanuddin, Kecamatan Dumai Selatan.

"Setiap sampah atau akar pohon bakau yang kita lihat diatas permukaan sungai dipungut dengan menggunakan alat pengait sampah dan dikumpulkan dalam suatu wadah. Sampah yang terserak di pinggir pantai juga kita ambil karena dapat menghambat pertumbuhan tanaman penyangga yang ada dan penyebab pendakalan sungai," terang Darwis.

Dia menjelaskan, sampah non organik yang dibersihkan dialur sungai tersebut merupakan hasil pembuangan sampah dari aktivitas kapal yang bongkar muat barang di pelabuhan. Selain itu ada juga berasal dari warga yang tinggal di sekitar Sungai Dumai.