Peringati hari pohon sedunia, Pemkab Siak kerjasama dengan LSM

id Hari pohon, ngo siak, siak

Peringati hari pohon sedunia, Pemkab Siak kerjasama dengan LSM

Bupati Siak Alfedri menanam pohon dalam peringatan hari pohon sedunia. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak bekerjasama dengan sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan saat memperingati Hari Pohon Sedunia dengan menanam pohon, diskusi Zamrud Siak Hijau, dan pementasan bertema lingkungan di Tangsi Belanda, Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Minggu.

"Sesama manusia, ada baiknya kita turut mengingatkan untuk menjaga lingkungan dengan menanam pohon. Sebab, pohon adalah sumber oksigen untuk dihirup manusia. Tanpa pohon, manusia tak akan bisa hidup," kata Bupati Siak, Alfedri.

Alfedri mengulas, manfaat pohon bagi makhluk hidup yang termasuk tumbuhan hijau yang dapat menghasilkan oksigen.

Oksigen adalah gas yang dibutuhkan makhluk hidup seperti manusia dan hewan untuk bernapas.

Selain menghasilkan oksigen, tumbuhan juga dapat menyerap karbon dioksida, yaitu kandungan gas yang beracun. Bisa juga mengendalikan suhu, mengurangi polusi udara, mencegah perubahan iklim dan bahan obat-obat gerak.

Sebagian pohon dan tumbuhan memiliki manfaat untuk kesehatan, misalnya daun-daun pohon tertentu yang dapat dijadikan obat gatal. Bagian pohon yang lain juga dapat dijadikan bahan obat misalnya getah pohon dan bunganya.

"Selain menjadi penyejuk lingkungan, pohon-pohon tertentu memberikan manfaat sebagai bahan obat herbal," urainya.

Kegiatan itu juga diikuti para LSM Lingkungan yang tergabung di "Sodagho Siak". Ia mengucapkan terimakasih kepada LSM tersebutyang mendukung pemerintah daerah dalam mengkampanyekan penyelamatan lingkungan.

Ia juga menjelaskan dukungan pemkab Siak dalam menyelamatkan hutan dan alam melalui program Siak Hijau. Bagaimana menyelamatkan hutan primer yang tersisa serta menjaga hutan gambut dari kerusakan.

"Peringatan pohon sedunia yang jatuh hari ini, nyambung dengan komitmen Siak Hijau. Langkah kita dalam menyelamatkan lingkungan tidak hanya pemerintah, pemerhati lingkungan namun kita ingin di dukung seluruh pemangku kepentingan yang ada di Siak," pintanya.