Kampar akan jadi contoh sentra perikanan budidaya di Indonesia

id sentra,periakanan kampar, perikanan budidaya

Kampar akan jadi contoh sentra perikanan budidaya di Indonesia

Kepala Dinas Perikanan Kampar Zulfahmi ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. (ANTARA/dok)

Kampar akan dijadikan contoh saat launching perikanan budidaya pada 28 Januari 2021 dan menjadi contoh untuk menerobos perikanan budidaya di Indonesia
Bangkinang Kota (ANTARA) - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar Zulfahmimengatakan wilayahnyaakan menjadi contoh sentra perikanan budidaya di Indonesia pada akhir bulan ini.

“Itu kabar dari Direktur Jenderal Budidaya Kementerian Kelautan beberapa waktu lalu, dan menyebutkan perikanan Kampar akan menjadi contoh sebagai daerah Perikanan Budidaya di Indonesia, Alhamdulillah,” kata Zulfahmi dikonfirmasi Jumat.

Sebelumnya, Zulfahmi menyampaikan ekspos bersama Kepala Bidang Budidaya Adri Dwison, Kabid Tangkap Nelzuhdi, Kasubbag Program dan Perencana Awaluddin diterima oleh Direktur Jenderal Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Direktur Pakan dan Obat Ujang Komarudin mewakili Dirjen Perikanan Budidaya.

Dia menjelaskan bahwa tujuan dalam pengusulan ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang perikanan.

Setelah mendengarkan penjelasan itu, Ujang Komaruddin mengatakan bahwa kampung perikanan budidaya merupakan salah satu program terobosan dari KKP.

"Kampung perikanan adalah suatu kawasan yang berbasis komoditas unggulan dan atau lokal. Kawasan ini disinergikan dengan berbagai potensi untuk mendorong berkembangnya usaha pembudidayaan ikan yang digerakkan masyarakat," ujarnya.

Selain itu juga agar terwujud usaha pembudidayaan ikan yang berdaya saing dan berkelanjutan serta menjaga kelestarian sumber daya ikan.

"Dengan ini akan mampu menjamin produksi yang berkelanjutan dan terjadwal serta mampu mendorong peningkatan produksi, terutama perikanan budidaya," jelasnya didampingi Christian Maikel dan Eki Johar Fuad.

Dengan begitu lanjutnya, sektor perikanan dapat ikut menopang ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19, baik skala nasional maupun ekonomi daerah.

Kemudian Direktur Pakan dan Obat ini menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan perikanan budidaya di Kampar, “Kampar akan dijadikan contoh saat launching perikanan budidaya pada 28 Januari 2021 dan menjadi contoh untuk menerobos perikanan budidaya di Indonesia,” kata dia.