Vaksinasi anak di Yogyakarta capai 81,5 persen

id Vaksinasi anak, yogyakarta, usia 6-11 tahun

Vaksinasi anak di Yogyakarta capai 81,5 persen

Petugas Badan Inteligen Negara bersama Dinas Kesehatan melakukan vaksinasi anak di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Karangasem Kabupaten Batang, Kamis (13/1/2022). (ANTARA/HO-Humas BIN jateng)

"Bagi anak usia 6-11 tahun yang belum dapat menjalani vaksinasi karena berbagai sebab bisa dijadwal ulang,
Yogyakarta (ANTARA) - Pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun yang dilakukan di Kota Yogyakarta mencapai 81,5 persen daritarget yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

“Kalau dihitung berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, capaian vaksinasi anak di Yogyakarta sudah cukup tinggi, yakni81,5 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani di Yogyakarta, Kamis.

Berdasarkan target Kementerian Kesehatan, sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kota Yogyakarta ditetapkan 29.821 anak dan hingga Rabu (12/1) sudah mencapai 24.416 anak yang mendapat vaksinasi.

Jika mengacu pada target tersebut,Emma menyebut jika vaksinasi dosis pertama untuk anak bisa saja diselesaikan pada pertengahan pekan depan atau 19 Januari.

Namun demikian, kata Emma, jika sasaran riil anak usia 6-11 tahun di Kota Yogyakarta mencapai sekitar 41.000 anak. Jumlah tersebut dihitung berdasarkan data siswa usia 6-11 tahun yang tercatat sebagai siswadi Kota Yogyakarta.

“Jika didasarkan pada data siswa sekolah di Kota Yogyakarta, capaiannya sudah sekitar 60 persen. Harapannya bisa diselesaikan pada bulan ini juga. Kami upayakan secepatnya,” katanya.

Emma memastikankebutuhan vaksin untuk program vaksinasi anak usia 6-11 tahun dalam jumlah cukup, begitu juga tenaga kesehatan selaku vaksinator juga dapat langsung ditangani oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas.

"Vaksinasi untuk anak dilakukan berbasis sekolah dengan vaksinator dari Puskemas, kecuali untuk kecamatan yang luas dan memiliki banyak sekolah, ada bantuan tenaga kesehatan dari rumah sakit atau klinik di wilayah itu,” katanya.

Sedangkan bagi anak usia 6-11 tahun yang belum dapat menjalani vaksinasi karena berbagai sebab seperti sakit,vaksinasi dijadwal ulang dan bisa langsung dilakukan melalui Puskesmas.

Pemberian vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun dilakukan untuk mendukung pembelajaran tatap muka yang sudah mulai dilakukan di Kota Yogyakarta.

Pewarta :
Editor: Frislidia
COPYRIGHT © ANTARA 2022