Legislator Sesalkan Kinerja Perusahaan Daerah

id legislator sesalkan, kinerja perusahaan daerah

Pekanbaru, (antarariau.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pekanbaru, Riau, menyesalkan kinerja aparat Perusahaan Daerah Pasar setempat tidak maksimal, terbukti pedagang berjualan di bahu jalan sehingga membuat kemacetan arus lalu lintas.

"Kinerja PD Pasar bagus maka dapat membina pedagang dan tidak berjualan di sembarang tempat," kata anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Zaidir Albaisa kepada pers, Rabu.

Dia mengatakan bahwa aparat Dinas Pasar tidak mampu membina pedagang dengan baik maka mereka akhirnya berjualan tidak pada tempatnya.

Petugas PD Pasar hanya bisa mengutip uang kebersihan, restribusi, dan kadang meminta kepada pedagang berupa sumbangan bila acara di lingkup pasar setempat.

Demikian pula, kondisi Pasar Cik Puan yang berada di Jalan Tuanku Tambusai terkesan dibiarkan terbengkalai, termasuk Pasar Rumbai di Jalan Sekolah, Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir.

Saat ini, kata dia, kondisi Pasar Rumbai dalam keadaan mati suri, pedagang enggan berjualan di dalam kios dan los. Maka, akhirnya melakukan subsidi setiap bulan untuk membayar listrik dan air.

Masalah yang sama juga terhadap pasar kaget yang tumbuh pada sejumlah lokasi karena tidak mampu diatasi oleh petugas Dinas Pasar.

Menurut dia, pihaknya banyak mendapatkan laporan dari para pedagang tentang kinerja petugas tersebut yang dianggap sangat mengecewakan publik.

Dia mengharapkan, pada tahun 2013, kinerja PD Pasar harus diperbaiki sehingga ada sinergi dengan pedagang dan saling menguntungkan.

Perusahaan Daerah (PD) Pasar, kata dia, mendapatkan restrubusi dari pedagang dan mereka juga harus dibina agar tidak berjualan di sembarang tempat, termasuk pada bahu jalan, yang menyebabkan arus lalu lintas menjadi terganggu.