22 Orang di Turki dilaporkan tewas usai menenggak alkohol oplosan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,alkohol

22 Orang di Turki dilaporkan tewas usai menenggak alkohol oplosan

Ilustrasi minuman beralkohol (serenityacres.com)

Ankara (ANTARA) - Sedikitnya 22 orang tewas dan 16 lainnya dalam kondisi kritis usai menenggak alkohol oplosan di Istanbul, menurut kantor gubernur setempat pada Jumat (17/12).

Dalam peristiwa itu empat orang berhasil diamankan, katanya.

Otoritas Turki baru-baru ini gencar menindak keras minuman alkohol oplosan menjelang perayaan Tahun Baru, dengan menggelar operasi berskala nasional yang menargetkan penjual dan distributor.

Baca juga: Bea Cukai Bekasi musnahkan 6 juta rokok ilegal dan 21 liter minuman alkohol

Kantor gubernur dalam pernyataannya mengatakan bahwa 11 korban tewas adalah warga negara asing dan lima di antaranya dirawat di rumah sakit. Menurutnya, ada 46 orang yang dibawa ke rumah sakit akibat keracunan alkohol.

Presiden Turki Tayyip Erdogan memberlakukan pajak tinggi terhadap alkohol. Pajak minuman populer raki di Turki, yang kerap diberi adas manis, meroket selama sepuluh tahun terakhir.

Baca juga: Gunakan Alat Deteksi Alkohol, Polresta Pekanbaru Tilang Seorang Pengemudi Mabuk

Harga minuman beralkohol di pasar, restoran dan bar naik dalam beberapa bulan belakangan lantaran tingginya pajak dan inflasi.

Para ekonom berpendapat bahwa pajak yang tinggi pada minuman alkohol akan mendorong masyarakat untuk mengonsumsi produk palsu atau meracik sendiri minuman mereka di rumah.

Kondisi itu dapat meningkatkan anggaran kesehatan negara sekaligus kematian yang sebenarnya bisa dicegah.

Baca juga: Minum Alkohol Kadar 70 Persen, Pelajar SMA di Inhil Tewas

Sumber: Reuters