Askes-Rumah Sakit Swasta Pekanbaru Jalin Kerja Sama

id askes-rumah sakit, swasta pekanbaru, jalin kerja sama

Pekanbaru, (antarariau.com) - PT Askes (Persero) Cabang Pekanbaru, Provinsi Riau, menjalin kerja sama dengan beberapa rumah sakit swasta di kota itu untuk mengoptimalkan layanan kesehatan bagi para peserta.

"Untuk Kota Pekanbaru, selain rumah sakit milik pemerintah kami telah bekerjabsama dengan tiga rumah sakit swasta seperti RS Awalbros, RS Ibnusina dan RS Eria Bunda. Bagi sitiap peserta Askes yang terdaftar bisa berobat ke tiga RS ini," kata Gunardi Chandra selaku Humas Askes Pekanbaru yang ditemui di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengutarakan, Askes merupakan perusahaan kesehatan milik negara yang mengemban tugas dan fungsi fokus pada program asuransi kesehatan, dan sosial bagi masyarakat.

"Terutama Pegawai Negeri Sipil dan calon PNS, pejabat negara, penerima pensiunan TNI atau Polri, veteran dan perintis kemerdekaan beserta anggota keluarganya ikut di tangggung,"katanya.

Kerja sama yang dilakukan Askes dengan tiga RS swasta ini, demikian Gunardi, adalah untuk memantapkan layananan masyarakat khususnya para peserta Askes.

"Ketiga Rumah Sakit (RS) suwasta yang ada di Pekanbaru ini, dapat menampung semua peserta Askes selain berobat ke Rumah Sakit Daerah Arifiin Ahmad atau Rumah Sakit milik pemerintah lainya," katanya.

Dia mengatakan bahwa setiap peserta (kepala keluarga dan anggota keluarga) berhak untuk mendapatkan kartu dengan nomor identitas unik yang ditetapkan oleh PT Askes (Persero). Kartu peserta merupakan identitas yang sah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

"PNS dapat menikmati program asuransi jiwa dari askes ini, karena setiap bulanya gaji para PNS telah di potong sebanyak dua persen untuk program ini," katanya.

Seluruh peserta Askes, kata dia, juga berhak mendapatkan penjelasan atau layanan informasi tentang hak, kewajiban serta tata cara pelayanan kesehatan mereka.

"Tentunya pelayanan kesehatan yang sesuai dengan hak dan ketentuan yang berlaku bagi masing-masing anggota," katanya.

Pemberian pelayanan kesehatan di lakukan secara bertahap sesuai aturanya, dimana pemeriksaan terhadap anggota askes terlebih dahulu di lakukan di Puskesmas setempat.

"Kemudian pemberian pelayanan lanjutan RS Khusus Pemerintah (Jantung, Paru, Orthopedi, Jiwa, Kusta, Mata, Infeksi, dan rumah sakit suasta yang bekerja sama dengan pihak Askes," demikian Gunardi. (Reindy Rudagi)