PEMKOT Pekanbaru Keruk Saluran Penyebab Banjir Rumbai

id pemkot pekanbaru, keruk saluran, penyebab banjir rumbai

Pekanbaru, (antarariau.com) - Aparat Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, mengeruk saluran pembuang menggunakan alat berat di jalan Yos Sudarso, sebagai penyebab banjir di Kecamatan Rumbai Pesisir.

"Saluran pembuang di jalan Yos Sudarso terpaksa kami keruk mengunakan alat berat karena dianggap penyebab banjir di Rumbai," kata Kepala Dinas PU Pemkot Pekanbaru Azmi MT, Kamis.

Dia mengatakan, selain mengeruk saluran, petugas juga membongkar sejumlah bangunan warung tanpa izin milik warga yang berada di atas saluran tersebut.

Petugas juga telah meninggikan jembatan yang dianggap menghalang kelancaran arus air menuju Sungai Siak.

Menurut dia, ketika petugas melakukan pengerukan dan membongkar bangunan, pihaknya melibatkan ratusan petugas Satpol PP untuk antisipasi terjadinya bentrok dengan pemilik.

Dia mengatakan, salah satu penyebab banjir di Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir, karena saluran pembuang tidak berfungsi maksimal sehingga menyebabkan ratusan rumah di RW 07 terendam.

Ketika hujan tiba, rumah penduduk di jalan Nusa Indah, Limbungan Baru, terendam dengan ketinggian air mencapai 80 cm.

Warga setempat telah berulang kali menyampaikan keluhan menyangkut banjir tersebut ke kantor Wali Kota Pekanbaru, baru sekarang ditanggapi serius.

"Bahkan warga juga sudah pernah menyampaikan keluhan menyangkut banjir tersebut kepada anggota DPRD Kota Pekanbaru dari daerah pemilihan Kecamatan Rumbai Pesisir," katanya.

Azmi mengatakan, pengerukan saluran dan pembongkaran bangunan warung di atas saluran itu sebagai bukti pihaknya menanggapi keluhan warga Limbungan Baru.

Ketika alat berat bekerja membongkar bangunan, pemilik warung yang berada di atas saluran tidak melakukan perlawanan karena mereka sadar mendirikan tempat berjualan di lokasi yang salah.