Lansia di Pekanbaru didatangi ke rumah-rumah untuk vaksin COVID-19

id Lansia vaksin,Vaksin lansia, vaksin pekanbaru

Lansia di Pekanbaru didatangi ke rumah-rumah untuk vaksin COVID-19

Ekspresi seorang warga Pekanbaru aat divaksin COVID-19. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Guna memaksimalkan capaian vaksinasi COVID-19 di Pekanbaru, sekaligus menyasar para lanjut usia (Lansia), Dinas Kesehatan setempat mulai lakukan jemput bola.

Lewat Pusat Kesehatan Masyarakat yang tersebar di 38 kelurahan yang ada, tim mendatangi rumah-rumah warga yang miliki lansia belum divaksin COVID-19.

"Sekarang itu sudah kita lakukan guna percepatan vaksinasi bagi lansia," kata

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Arnaldo Eka Putra di Pekanbaru, Jumat.

Sejauh ini realisasi vaksinasi terhadap lansia sudah 50 persen. Dari target 70.384 lansia, saat ini sudah 35.708 warga lansia yang mendapat suntik vaksin.

Sementara, 34.676 lainnya masih menunggu suntikan vaksin. Rumah sakit dan tempat layanan kesehatan bisa melakukan percepatan vaksin lansia dengan target pemberian 40 dosis vaksin pertama setiap.

Ia juga mengatakan Pekanbaru kini sudah mengeluarkan surat edaran percepatan pemberian vaksin bagi Lansia.

"Jadi rumah sakit dan faskes bisa memasang target sekaligus melakukan jemput bola," katanya.

Ia juga mengajak masyarakat bisa mengantarkan orangtuanya ke layanan vaksinasi.

"Kami mengimbau agar keluarga yang miliki lansia mengantarkan mereka ikut vaksinasi, pemerintah menjamin bahwa vaksin yang diberikan aman, halal dan bermanfaat mencegah dampak COVID-19," ungkapnya.

Selain itu, tidak lupa ia meminta semua masyarakat tetap disiplin pada protokol kesehatan (Prokes), dengan tetap menerapkan 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencegah mobilitas interaksi.

Sementara itu Camat Kulim Marzali mengatakan, mereka bersama tim vaksinator dari Pusat Kesehatan Masyarakat Tenayan Raya, sudah melakukan

pelayanan vaksinasi terhadap Lansia di wilayah setempat, dengan mengunjungi rumah warga satu per satu.

"Pada Selasa (2/11) kemarin, pelayanan sistem jemput bola tersebut digelar di wilayah RW 003 dan RW 002, Kelurahan Kulim. Kegiatan ini dilakukan karena kesulitan transportasi oleh para lansia untuk menuju lokasi vaksin," katanya.

Turut serta dalam tim vaksinasi Camat Kulim Marzali, Kasi Pemerintahan Kecamatan Kulim, Lurah Kulim beserta seklur dan kasi, Bhabinkhamtibmas, serta ketua RW dan warga.

Dalam kegiatan itu, Camat Kulim Marzali dan lurah memberikan edukasi dan penyuluhan tentang pentingnya vaksinasi COVID-19. Sehingga lansia yang awalnya ragu, menjadi antusias untuk mendapatkan pelayanan suntik vaksin.

Setelah menjalani vaksinasi, para lansia kemudian diberikan bantuan berupa beras sebagai bentuk terima kasih telah membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

"Mari terus kita dukung pemerintah dalam memutus sebaran wabah COVID-19. Vaksin dirimu dan keluargamu," tukas Marzali.