Korem 162/WB akan dirikan markas koramil di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Mandalika

Korem 162/WB akan dirikan markas koramil di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani. (ANTARA/Dhimas B.P.)

Jakarta (ANTARA) - Komando Resor Militer (Korem) 162/Wira Bhakti akan mendirikan Markas Komando Rayon Militer (Koramil) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani di Mataram, Jumat, mengungkapkan, keberadaan markas TNI setingkat kecamatan itu nantinya akan membantu perihal pengamanannya.

Baca juga: Pariwisata olahraga bisa pacu perkembangan wisata di lingkungan sekitar

"Ini (pembangunan Koramil KEK Mandalika) konsep yang kita adopsi dari Nusa Penida di Bali," kata Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani.

Karenanya, cara bertugas personel di Koramil KEK Mandalika ini akan sedikit berbeda, nuansanya lebih kepada pengamanan di kawasan wisata.

"Koramil ini tugasnya membantu mengamankan daerah wisata sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada turis asing maupun dalam negeri," ujarnya.

Untuk itu, tipikal personel TNI yang bertugas di Koramil KEK Mandalika ditegaskan Rizal, harus memiliki kemampuan khusus di bidang pariwisata.

Baca juga: Waduh, konstruksi jalan bypass BIL-Mandalika batal dikerjakan Agustus

"Nanti kita pilih yang bisa berkomunikasi bahasa Inggris, memiliki postur ideal," ucap dia.

Dalam menjalankan tugas yang mengedepankan sifat humanisme tersebut, personel TNI Koramil KEK Mandalika akan melaksanakan giat patroli lapangan dengan bersepeda. Mereka akan bertugas dengan mengenakan seragam kasual.

Begitu juga dengan pengamanan di pesisir pantai. Personel TNI Koramil KEK Mandalika juga akan berperan layaknya "lifeguard" atau penjaga pantai.

Baca juga: Tahun depan, Tiket MotoGP Mandalika sudah bisa dipesan

"Untuk sarananya nanti, panglima akan membekali mereka dengan jetski," katanya.

Kemudian dalam struktur organisasinya, Koramil KEK Mandalika akan dipimpin seorang komandan berpangkat kapten dengan jumlah pasukan mencapai 20 orang.

"Mulai dari yang berpangkat Pelda (Pembantu Letnan Dua) sampai Serma (Sersan Mayor)," ujar dia.

Baca juga: Komisi X DPR RI tinjau kesiapan sirkuit MotoGP Mandalika di Lombok

Terkait dengan ketersediaan lahan pembangunan Koramil KEK Mandalika, Rizal memastikan bahwa ITDC sebagai pengelola sudah menyiapkannya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa konsep ini juga akan diterapkan di kawasan wisata lainnya, salah satu lokasi yang menjadi atensinya yakni di Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara.

"Untuk kesiapan lahan di sana (Gili Trawangan), kita tinggal menunggu kabar dari Pemprov NTB," kata Rizal.

Baca juga: Gerak Gerbong Mandalika Menuju Toba