Didukung RAPP, Dekranasda Siak gelar Festival Warna Lestari

id Dekranasda siak, pt rapp, rapp

Didukung RAPP, Dekranasda Siak gelar Festival Warna Lestari

Kegiatan Festival Warna Lestari di Siak.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Siak menggelar Festival Warna Lestari dalam rangkaian Hari Ulang Tahun daerah setempat ke-22 yang didukung salah satunya oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper.

"Acara ini didukung tiga perusahaan salah satunya yakni RAPP, di Kecamatan Kerinci Kanan juga ada usaha kerajinan binaan PT RAPP," kata Ketua Dekranasda Siak, Rasidah pada acara Festival Warna Lestari, Senin.

Rasidah mengatakan kegiatan didukung perusahaan karena Dekranasda tidak punya anggaran lagi dari Pemerintah Kabupaten Siak. Karena dana hibah tidak diperbolehkan lagi.

Oleh karena itu kegiatan dilakukan dengan bekerjasama dengan dana tanggungjawab sosial perusahaan. Selain RAPP, kegiatan juga didukung oleh Badan Operasi Bersama PT Bumi Siak Pusako-PT Pertamina Hulu dan Bank Riau-Kepri.

Pada Festival untuk desain batik Siak peserta ada 60 dengan tiga diumumkan jadi juara."semua yang dipakai batik dan tenun Siak," ujar istri Bupati ini.

Dia sendiri memakai Batik Istana Pucuk Labu yang diproduksi Dekranasda Siak yang mempunyai 15 orang pengrajin. Batik Siak sudah dipajang di Sentra Kreatif Lembaga Adat Melayu Riau dan pusat perbelanjaan di Pekanbaru.

"Hak cipta sudah ada seperti flora dan fauna itu sudah kita patenkan hak atas kekayaan intelektualnya," ujarnya.