Riau anggarkan bansos Rp23 miliar untuk anak panti

id Pemrov Riau,Gubri, anak panti

Riau anggarkan bansos Rp23 miliar untuk anak panti

Gubernur Riau Syamsuar. (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau telah menganggarkan anggaran sebesar Rp23 Miliar untuk 77 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang mengelola panti asuhan berupa biaya makan anak yang tersebar seluruh Riau.

"Bantuan sebesar Rp23 miliar ini, akan diserahkan ke masing-masing anak di dalam panti asuhan sebesar Rp20 ribu per anak/hari untuk 1 tahun atau anak-anak dalam panti menerima Rp7,3 juta untuk biaya makan mereka setahun," katanya..

Gubernur Syamsuar mengatakan, bahwa anak panti ini adapah anak kita semua, dan kita semua menjadi ayah bundanya, berkewajiban merawat mereka insya Allah menjadi anak yang berguna.

Ia menyebutkan, bantuan yang diserahkan Pemprov Riau bagi 77 panti asuhan ini, menjadi bantuan yang terbesar secara nasional. Dimana pada tahun sebelumnya diberikan kepada masing-masing anak sebesar Rp10 ribu, dan tahun ini naik menjadi Rp20 ribu peranak.

"Berdasarkan pengalaman di Siak, kami bangga jika ada anak dari panti yang menjadi sarjana, menjadi kebahagiaan batin. Kalau ada membuat panti sudah ada yang berhasil menjadi bangga, anak panti menunjukan kebolehannya dan bermanfaat bagi umat," katanya, Sabtu (9/10).

Syamsuar mengatakan sangat peduli terhadap panti asuhan di Riau kendati ada yang punya kemampuan ada yang tidak punya. Kalau tidak ada anggaran dapat bantuan pemerintah. Karenanya kita dapat memberikan bantuan kepada LKSA tahun 2021 dan yang terbesar se- Indonesia.

Baca juga: Gubri sebut sawah di Meranti perlu normalisasi irigasi

Syamsuar menyebut, tahun 2021 ini ada sebanyak 77 panti dan 4 panti disabilitas. Bengkalis 10, Inhil 2, Inhu 5, pelalwan 1, Meranti 1, Kuansing 2, Rohul 4, siak 11, Pekanbaeu 11 dan Kampar 22.

"Kami terus mengupayakan peningkatan untuk meringankan beban masyarakat baik moril dan material dan diharapkan kepada anak panti belajar dengan baik, mengikuti petunjuk pengasuh,” katanya.

Pengasuh Panti Asuhan Putra Muhammadiyah, Ardi mengatakan bantuan sosial yang diberikan oleh Pemprov Riau merupakan bantuan yang cukup bagi anak-anak panti. Ia pun berharap, Pemprov Riau ke depan tetap membantu panti asuhan yang ada di Riau.

“Pengurus panti se Riau, termasuk kami, berterima kasih atas kebijakan yang dibuat Pemprov Riau dari 20 LKSA di Kampar, 100 persen menerima bantuan. Bantuan ini penting bagi anak yatim dan piatu atau yang tidak punya orang tua, dengan harapan tentunya bantuan ini ini tetap berlanjut dan ditingkatkan, sehingga kesejahteraan bagi anak bisa diberikan," harap Ardi.

Penyerahan bantuan sosial biaya makan anak panti diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Riau, Syamsuar kepada 5 LKSA dari Kabupaten Kampar, Pekanbaru, Kuansing, Pelalawan dan Rokan Hulu, di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah, Bangkinang Kampar.

Baca juga: Gubri minta pelaku Parekraf buat konten kreatif cegah COVID-19

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021