Tingkatkan kepedulian sesama, SMA Ngeri I Pekanbaru bagikan 240 paket sembako

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, sembako

Tingkatkan kepedulian sesama,  SMA Ngeri I Pekanbaru bagikan 240 paket sembako

Kepala Sekolah SMA Negeri I Pekanbaru, DR Wan Roswita M.Pd, saat menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada orang tua siswa bersama panitia di Panggung Abdul Latief, SMA Negri I, Jl Sultan Syarif Kasim No.159 Pekanbaru, Jumat (17/9) (Foto:Antara/Frislidia)

Pekanbaru (ANTARA) - SMA Negeri I Pekanbaru, menyalurkan sebanyak 240 paket sembako kepada wali siswa, penjaga sekolah, dan keluarga yang terpapar pandemi COVID-19 dengan harapan bisa meringankan sedikit beban kebutuhan mereka secara ekonomi.

"Bantuan sembako ini disalurkan kepada wali siswa yang terdampak langsung pandemi COVID-19, melalui program Sosial tahunan Pengurus OSIS SMAN I Pekanbaru," kata Kepala SMA Negeri I Pekanbaru, Dr Hj. Wan Roswita MPd, di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan, kegiatan ini murni ide dari pelajar untuk memupuk rasa peduli terhadap sesama sedangkan anggarannya dihimpun dari penggalangan dana orangtua siswa, masyarakat yang mampu atau dari berbagai donatur, sehingga bisa berbagi melalui OSIS SMA Negeri I Pekanbaru.

Minimal kegiatan ini, katanya, bisa berlangsung satu kali dalam sebulan, semoga barokah dan menjadi ibadah buat kita semua. Pandemi ini tentunya kita ambil hikmahnya, namun berharap semoga cepat berlalu dan bisa memulai aktivitas dengan normal kembali.

"Bagi penerima bukan berarti selalu di bawah akan tetapi yakinlah suatu saat nanti juga bakal berada di atas. Kalaupun saat ini ada di antara kita yang belum bisa memberikan sesuatu, paling tidak dengan senyum dan itu juga sebagai ibadah," katanya.

Wakil Bidang Kesiswaan, Ida Nila menyebutkan, paket sembako yang disalurkan senilai Rp244.000 per orang itu terdiri atas telur 1 papan, satu bungkus bimoli isi 2 liter, gula 1 kg, teh sari wangi 1 kotak, dan mie instan sebanyak 10 bungkus serta beras 10 kg, itu berasal dari penggalangan dana dari orang tua siswa, guru SMA Negeri I dan masyarakat hingga terkumpul sebesar Rp60 juta lebih.

"Rencananya akan ada tahap penyerahan kedua, karena dana yang di peroleh besar jadi kita salurkan dengan beberapa tahap mengingat Pekanbaru masih dilanda pandemi COVID-19 sehingga tetap menerapkan protokol kesehatan. sebanyak 240 paket sembako diserahkan pada tahap 1," katanya.

Kegiatan peduli sesama ini katanya lagi, menyasar 10 penerima dari warga sekitar, berikutnya pejaga sekolah dan securiti di sekitar SMA Negeri I yakni SD teladan dan SMP Negeri I Pekanbaru, sebanyak 30 orang warga berasal dari kelurahan dekat sekolah SMA Negeri I yakni dari Kelurahan Suka Terus/maju, Kelurahan Suma Tilang, Kelurahan Suka Mulia.

Selain itu penerima sembako juga petugas kebersihan di lingkungan SMA Negeri I, petugas kebersihan yang mengambil sampah di sekolah, dan sejumlah warga ketemu di jalan yang didata guru, serta penjual koran di perempatan lampu merah dekat area sekolah.

Ketua OSIS SMA Negeri I Pekanbaru, Muhammad Muhammad Itqon Al-wafa mengatakan, aksi peduli sosial ini berawal dari visi dan misi OSIS untuk memperkuat tali silaturrahmi dan bisa mengenal satu sama lainnya.

"Hampir dua tahun kita belajar daring, kakak dan adik kelas masih belum kenal satu sama lain sehingga kegiatan ini perlu digelar, tentunya dibantu Tim kesiswaan sekolah," katanya.