Disdikbud Siak luncurkan program pendidikan keaksaraan bagi masyarakat buta aksara

id Buta aksara, disdik siak, keaksaraan siak

Disdikbud Siak luncurkan program pendidikan keaksaraan bagi masyarakat buta aksara

Asisten I Pemkab Siak ketika memberikan sambutan pada peluncuran program pendidikan keaksaraan. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Asisten Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Siak, Jamaluddinmembuka peluncuran program pendidikan keaksaraan di Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura sebagai salahsatu bentuk layanan pendidikan non formal bagi warga masyarakat buta aksara

usia 15-59 tahununtuk belajar membaca, menulis, dan berhitung.

Ia mengatakan pelaksanaan program Pendidikan Keaksaraan untuk meningkatkan angka lulus sekolah masyarakat minimal SMA di Kabupaten Siak. "Kita memberikan pelayanan kepada masyarakat, kita yang menyisir ke kampung kampung untuk menemui masyarakat yang masih belum menyetarakan pendidikan," kata Jamal.

Diharapkannya program ini mampu menghasilkan bentuk sikap, pengembangan pengetahuan, dapat meningkatkan keterampilan. Dalam hal membaca, menulis berhitung serta berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia yang baik.

"Kita harapkan dari program ini warga yang ikut mampu membaca, menulis, dan berhitung serta berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia yang baik," pintanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Siak Lukman menyebutkan program Pendidikan Keaksaraan merupakan komitmen Pemkab Siak dalam mengentaskan buta aksara. Pasalnya hampir mencapai 1000 orang angka yang belum mengenyam berpendidikan di kabupaten Siak.

"Pemerintah berkomitmen ingin menuntaskan pendidikan kejar paket a, b dan c di kampung-kampung sesuai dengan visi misi dari Bupati Siak," ujarnya.

Jumlah keaksaraan ini dibagi dua kelompok dengan jumlah peserta belajarnya sebanyak 250 orang dengan 7 orang tutorial. Tersebar di Kecamatan Mempura, Sungai Apit, Sabak Auh, Lubuk Dalam dan Kandis. "Ada beberapa kecamatan yang belum mengikuti penyetaraan pendidikan dikarenakan masih belum sempurna datanya," singkatnya.