Warga binaan Lapas Selatpanjang jalani vaksinasi gelombang ketiga

id Vaksinasi warga binaan, Lapas Selatpanjang, Vaksinasi COVID-19,lapas meanti

Warga binaan Lapas Selatpanjang jalani vaksinasi gelombang ketiga

Warga binaan Lapas Kelas IIB Selatpanjang menjalani vaksinasi COVID-19 gelombang ketiga. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selatpanjangdi Kabupaten Kepulauan Meranti kembali menjalani vaksinasi COVID-19 gelombang yang ketiga, Jumat (10/9).

Pelaksanaan ini ditinjau langsung oleh Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG didampingi Kasat Intelkam AKP Syaiful, Kapolsek Tebingtinggi Iptu Aguslan, dan KBO Sat Sabhara Ipda Iskandar Noprianto.

Hadir juga Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (Kasi Binadik) Lapas Kelas IIB Selatpanjang Haidi Zamri, dan Babinsa setempat Serda M Amri.

"Kita ingin memastikan proses vaksinasi bagi warga binaan ini berlangsung aman, lancar dan pastinya dengan penerapan protokol kesehatan," kata Andi di sela peninjauan.

Dia berharap dengan vaksinasi dapat melindungi warga binaan dari COVI-D-19, baik selama di Lapas maupun saat keluar nantinya.

"Mudah-mudahan setelah divaksin bisa segera terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok) dan mempercepat penanganan COVID-19 di Kepulauan Meranti," ujarnya.

Selama pelaksanaan vaksinasi, para peserta vaksin terlihat antre dengan tetap menerapkan prokes dan mengikuti arahan dari panitia.

Kepala Lapas Kelas IIB Selatpanjang Khairul Bahri Siregar melalui Kasi Binadik Haidi Zamri menjelaskan vaksinasi yang digelar hari ini merupakan gelombang ketiga dengan jumlah 69 vial atau 139 dosis.

Kegiatan ini terselenggara kerjasama pihak Lapas dengan Dinas Kesehatan, Polres dan Koramil, dengan tim vaksinator dari UPT Puskesmas Selatpanjang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait terutama TNI-Polri yang telah menerjunkan personel pengamanan guna menyukseskan kegiatan vaksinasi ini," ucap Haidi.

Haidi menuturkan untuk menghindari penularan virus asal Wuhan tersebut saat ini pihak Lapas juga tidak memberlakukan kunjungan keluarga warga binaan, dan ini sudah berjalan kurang lebih 8 bulan.

"Jadi di Lapas kita berlakukan prokes ketat. Hal itu pula membuat kita di Lapas nol kasus COVID-19 saat ini," jelasnya.

Baca juga: Razia dadakan, petugas temukan ini di kamar warga binaan Lapas Selatpanjang

Baca juga: Kadiv Pas Kemenkumham Riau razia Lapas Selatpanjang, ini hasilnya

Baca juga: 108 warga binaan Lapas Selatpanjang dapat remisi tiga bulan