COVID-19 di Pusako rendah, Bupati Siak minta tetap patuhi prokes

id Bupati. Siak. Pusako. COVID-19.,Siak, bupati siak, ppkm siak

COVID-19 di Pusako rendah, Bupati Siak minta tetap patuhi prokes

Bupati Siak ketika berkunjung di Kecamatan Pusako.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri tetap mengingatkan warga Kecamatan Pusako untuk tetap mematuhi Protokol kesehatanMeski angka penularan akibat wabah COVID-19 di di sana terbilang rendahsaat menyerahkan bantuan masker.

"Meski angka penularan di Pusako ini hanya satu dua, namun kita jangan lengah. Saya mengingatkan camat, penghulu untuk memantau warganya, dan mengingatkan tetap prokes," kata Alfedri.

Setiap kunjungannya turun ke kecamatan ia selalu mewanti-wanti kepada warga, memutus mata rantai penularan wabah COVID-19. Dibutuhkan kesadaran bersama, pemerintah dan masyarakat untuk harus taat Protokol Kesehatan serta mau divaksin.

Tugas pemerintah adalah 3T atau tindakan melakukan tes COVID-19 (testing) yang sudah dimulai kepada Aparatur Sipil Negara. Lalu penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment).

Pada kesempatan itu Bupati Alfedri menyerahkan bantuan masker dalam upaya meminimalisir penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat. Kali ini pembagian masker diserahkan kepada pengurus dan Jamaah Masjid serta Pondok Pesantren di Kecamatan Pusako.

"Hari ini kami serahkan masker kepada pengurus Masjid dan pondok pesantren yang ada di Pusako. Nanti masker tersebut bagi-bagikan ke Jamaah dan santri," tuturnya.

Camat Pusako Harland Winanda menyampaikan target vaksin di kecamatan Pusako saat ini baru mencapai 30 persen. Ia minta jika pemkab mendistribusikan vaksin untuk Pusako bisa dilebihkan.

"Kecamatan Pusako saat ini virus Corona bisa dibilang cukup bisa dikendalikan. Untuk warga yang menjalani perawatan terdapat dua orang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafi'an Siak, dua orang kita rawat terkoordinir di Asrama Haji dan sembilan orang isolasi mandiri," terangnya.