Pemkot Kota Batu ajak anak-anak tanam pohon untuk jaga kelestarian lingkungan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Kota Batu

Pemkot Kota Batu ajak anak-anak tanam pohon untuk jaga kelestarian lingkungan

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (kiri) memberikan satu bibit pohon durian kepada warga Dusun Krajan, Kampung Ramah Anak, di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (21/8/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Batu/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Batu mengajak anak-anak yang ada di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, untuk turut serta menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan gerakan satu nama satu pohon.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, di Kota Batu, Sabtu, mengatakan bahwa dalam gerakan penanaman pohon satu nama, satu pohon tersebut, dilakukan oleh anak-anak yang tinggal di Dusun Krajan, Kampung Ramah Anak, di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji.

Baca juga: Bupati Kuansing ajak masyarakat tanam melon di lahan kosong

"Gerakan penanaman pohon berjuluk satu nama, satu pohon ini menjadi momentum pelestarian lingkungan di Kota Batu," kata Dewanti.

Pada pelaksanaan program satu nama satu pohon di Dusun Krajan tersebut, anak-anak yang terlibat melakukan penanaman pohon durian. Pohon durian yang ditanam itu, masih dalam bentuk bibit.

Menurutnya, penamaan pohon yang ditanam oleh anak-anak tersebut, bertujuan agar menimbulkan rasa memiliki, dan kepedulian terhadap lingkungan, khususnya pada pohon yang ditanam oleh anak-anak itu.

"Penamaan ini agar menimbulkan rasa memiliki, dan peduli terhadap kesinambungan tumbuh kembang pohon, dan secara luas terhadap lingkungan," katanya.

Baca juga: Pemkab Cilacap targetkan luas tanam palawija capai 15.000 hektare pada 2021

Identitas anak yang melakukan penanaman pohon tersebut, akan dicantumkan pada tanaman yang ditanamnya. Sesuai dengan rekomendasi, bibit pohon yang ditanam oleh anak tersebut adalah pohon yang nantinya menghasilkan buah.

Dewanti menambahkan, program satu nama satu pohon tersebut, merupakan bentuk kerja sama antara Pemerintah Kota Batu dengan Among Tani Foundation (ATF). Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian lingkungan.

"Program ini, diatasnamakan oleh anak-anak yang berada di Dusun Krajan. Nantinya, akan menjadi cerita pada saat mereka besar, dan buahnya bisa dipanen," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Siak apresiasi Jasa Raharja tanam 400 bibit Metoa dan Sirsak

Program hasil kerja sama tersebut, nantinya akan dilakukan di seluruh wilayah Kota Batu, dengan berbagai jenis pohon. Pohon yang ditanam, nantinya akan menghasilkan buah yang bisa dipanen oleh si penanam pohon tersebut.

Gerakan satu nama satu pohon tersebut, merupakan upaya Pemerintah Kota Batu, bersama Among Tani Foundation untuk mengembalikan keasrian salah satu kota unggulan wisata di wilayah Jawa Timur itu.*

Baca juga: Golkar Kampar tanam ratusan eucalyptus