IPSI Riau Akan Bermarkas Di Bangkinang

id ipsi riau, akan bermarkas, di bangkinang

Pekanbaru, (antarariau) - Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Siat Seluruh Indonesia (IPSI) Riau, menjadikan Sport Center Bangkinang, Kabupaten Kampar, sebagai markas untuk pertandingan dan berbagai kompetisi lainnya.

"Kami akan jadikan Bangkinang itu sebagai markas agar bermanfaat bagi pesilat," kata Ketua Pengprov IPSI Riau, Zulher di Pekanbaru, Senin.

Pernyataan tersebut terkait pihak PB PON XVIII/2012 menetapkan Sport Centre Bangkinang sebagai arena pertandingan untuk cabang pencak silat karena dianggap layak untuk kompetisi berskala nasional.

Pada PON XVIII, pesilat Riau mampu menyumbangkan dua medali emas dan satu perunggu setelah mampu menumbangkan lawan pada partai final.

Sedangkan medali perunggu diraih untuk kategori seni nomor tunggal putra yang digelar di Sport Center Bangkinang mulai 12-18 September 2012.

Dia mengatakan, arena tanding di Bangkinang itu memenuhi syarat untuk kejuaraan tingkat nasional maupun internasional.

Bahkan delegasi teknik PON XVIII menyatakan arena pencak silat itu layak digunakan untuk pertandingan skala internasional karena memiliki sarana maupun prasarana pendukung.

Dia mengatakan masalah markas tersebut akan membicarakan dengan KONI Riau, karena rencananya mengelar kejuaraan internasional yang diikuti pesilat dari Malaysia.

Namun pihaknya belum menentukan waktu pelaksanaan kejuaraan tersebut sebelum melakukan koordinasi dengan PB IPSI di Jakarta.

Menurut dia, keberaadan pesilat masing-masing daerah selama ini masih terabaikan padahal mereka memiliki bakat yang potensial dan kedepan harus dimunculkan dengan cara kompetisi.

Dia menambahkan kompetisi minimal digelar setiap tahun, ini merupakan keharuskan agar dapat melahirkan pesilat berbakat seperti Almad Siregar dan Dicky Amanda yang meraih emas PON XVIII.