Kadishub Riau: Pemilik Angkutan Berikan Perlindungan Kepada Pengguna Jasa Angkutan Umum Perairan

id Jasa Raharja Riau,jasa raharja, dishub riau

Kadishub Riau: Pemilik Angkutan Berikan Perlindungan Kepada Pengguna Jasa Angkutan Umum Perairan

PT. Jasa Raharja juga memberikan bantuan Safety Jacket sebanyak 15 buah dan Lifebouy (Pelampung) sebanyak 20 buah kepada Dinas perhubungan untuk diteruskan kepada Operator Angkutan Air. (ANTARA/HO-JR).

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Andi Yanto mengimbau semua pemilik dan pengelola angkutan umum kapal laut, sungai, penyeberangan dan danau untuk tidak abai memberikan perlindungan kecelakaan bagi semua pengguna jasanya.

"Karena itu operator angkutan agar memenuhi standar keselamatan transportasi karena kecelakaan transportasi di perairan bisa saja terjadi. Untuk itu, sarana keselamatan mesti dilengkapi seperti life jacket, life buoy atau pelampung," kata Andi Yanto dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri HilirRudiansyah, M.Si, KSOP Tembilahan Suratno, Kepala UPT Bapenda Tembilahan Fuadilazy, Pimpinan PTPelindo, Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Dishub Inhil, Operator Angkutan Perairan dan Angkutan Umum di Kabupaten Indragiri Hilir mengikuti Kampanye Keselamatan Transportasi di Terminal Bandar Laksama Indragiri Hilir, Tembilahan, pada Rabu (4/8) 2021.

Di samping itu, semua penumpang pengguna jasa angkutan juga wajib mendaftarkan kapalnya ke Jasa Raharja untuk mendapatkan jaminan perlindungan kecelakaan sesuai dengan Undang Undang No. 33 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang.

Plt. Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Riau M Ilham mengatakan PT. Jasa Raharja sebagai BUMN pelaksana program dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Program Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan menyatakan kesiapannya untuk memberikan perlindungan kepada semua pengguna jasa angkutan perairan khususnya di wilayah Indragiri Hilir.

Selain itu, semua operator, pemilik maupun pengelola transportasi air agar membekali administrasi dan perizinan supaya memudahkan proses jaminan dari Jasa Raharja.

Pada kesempatan tersebut, PT. Jasa Raharja juga memberikan bantuan Safety Jacket sebanyak 15 buah dan 20 pelampungkepada Dinas Perhubungan untuk diteruskan kepada Operator Angkutan Air.

Kadis Perhubungan Kabupaten Indragiri Hilir Rudiansyah, M.Si mengucapkan terimakasih atas dukungan kepada pengelola angkutan umum dan berharap kesadaran terhadap keselamatan transportasi semakin kuat dengan demikian mampu meminimalisir risiko.