Songket Riau Laris Manis Di Arena PON

id songket riau, laris manis, di arena pon

Pekanbaru, (antarariau) - Batik songket khas Riau yang dipajang di arena senam dan sejumlah arena pertandingan cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional XVIII/2012 laris manis terjual.

"Saya tadinya bawa 200 potong dan telah habis sejak kemarin. Sekarang saya bawa lagi sekitar 200 kain dan sudah banyak yang laku," kata Syahrul pedagang kain batik khas Riau itu pada Jumat.

Syahrul yang ditemui di lokasi teras arena senam itu mengatakan selama satu pekan dirinya selalu berpintah-pindah dalam memajangkan barang dagangannya.

Harga yang ditawarkan bervariasi meski barang dan bahan yang sama. "Kalau ada yang nawar Rp75 ribu ya, saya jual juga. Tapi penawaran pertama adalah Rp100 ribu per potong songket," katanya.

Syahrul menjelaskan kain batik songket khas Riau itu dibalinya dari perajin tradisional yang berada di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

"Tidak cuma saya, juga banyak pedagang batik khas Riau lainnya di tiap-tiap arena pertandingan," katanya.

Batik songket khas Riau merupakan batik yang memiliki cirikhas tersendiri. Baik dari bahan baku dasar serta bentuk motif yang dijalin juga cenderung sederhana, yakni garis lurus dan melintang serta petak-petak.

Selain Syahrul, sejumlah pedagang batik songket khas Riau lainnya juga tampak di beberapa lokasi arena pertandingan PON XVVIII di Pekanbaru.

Kebanyakan mengaku untung besar dengan memanfaatkan momen multi event olahraga nasional di Riau untuk berjualan batik khas Riau.

Pantauan di lokasi arena senam PON XVIII Riau yang berlokasi pada kompleks Stadion Khaharuddin Nasution Rumbai Pekanbaru, ratusan pengunjung tampak hilir mudik di sekitaran lokasi.

Sementara pada arena pertandingan babak penyisihan senam kali ini, jumlah penonton masih tampak relatif sepi dimana pada tribun tampak kursi masih banyak ruang yang kosong.