Permintaan hewan kurban di Riau meningkat meski pandemi melanda

id Kurban riau, kurban pekanbaru, idul adha

Permintaan hewan kurban di Riau meningkat meski pandemi melanda

Ilustrasi hewan kurban.(Arsip Antaranews)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau menyampaikan bahwapermintaan hewan qurban menjelang Idul Adha meningkat, meski kondisi pandemi dan tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari petani, meskipun pandemi COVID-19 permintaan hewan qurban tetap meningkat. Karena berqurban ini adalah ibadah bagi umat muslim, jadi permintaannya tetap meningkat," kata

Kepala Dinas PKH Riau Rahmat Setiyawan.

Demikian juga soal harga sapi qurban, Rahmat menjelaskan terjadi kenaikan. Meski kenaikan harga sapi qurban tidak terlalu signifikan.

Meski begitu dia masih meminta kabupaten/kota untuk menginventarisir kebutuhan hewan qurban untuk Hari Raya Idul Adha tahun 1442 Hijriyah/2021 masehi. Menurutnya, PKH masih menunggu laporan dari Dinas PKH di kabupaten/kota.

"Kita sudah menyurati kabupaten/kota untuk menginventarisir berapa kebutuhan sapi qurban tahun ini. Termasuk kita ingin mendapatkan laporan berapa jumlah stok sapi saat ini," kata Rahmat.

Dia berharap, akhir Juni ini kabupaten/kota telah melaporkan berapa jumlah kebutuhan dan stok hewan qurban saat ini. Sehingga, pihaknya dapat mengambil langkah-langkah konkrit nantinya.