Vaksinasi masih rendah, Polres dan Pemda Meranti langsung turun

id polres meranti,vaksin meranti

Vaksinasi masih rendah, Polres dan Pemda Meranti langsung turun

Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Asmar dan Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito mendatangi UPT Puskesmas Selatpanjang untuk melihat kondisi masyarakat yang divaksin. (ANTARA/Rahmat Santoso/21)

Pekanbaru (ANTARA) - Polres dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti turun ke jalan hingga mendatangi rumah warga untuk mengejar target realisasi vaksinasi COVID-19, mengingat realisasinya masih rendah.

Mereka mengajak sasaran untuk melakukan pendaftaran, pemeriksaan (screening) sebagai penerima vaksinasi langsung di masing-masing puskemas.

Seperti pantauan di lapangan, dua hari belakangan sejak Sabtu hingga Ahad (30/5) petugas siaga di Jalan Kesehatan, tepatnya di depan Puskemas Selatpanjang Kecamatan Tebingtinggi.

Hasilnya tidak sedikit warga yang bersedia divaksin. Dari data diterima pada hari yang sama, Puskemas Tebingtinggi berhasil memvaksin 130 orang warga setempat yang didominasi lansia.

Salah seorang di antaranya adalah Ita warga setempat berusia 61 tahun. Ia mendapat saran dari anaknya agar divaksin namun belum mendapat kesempatan.

"Kebetulan sekali kami lewat jalan ini. Atas saran anak-anak kemarin maunya divaksin, tapi belum berkesempatan. Kebetulan lewat sini dan ditawari, ya udah langsung aja," ungkapnya.

Ditanya apakah ada dari pihak kelurahan dan lingkungan tempat tinggalnya telah mendaftarkan dirinya sebagai penerima vaksin, ia malah mengaku tidak tau.

"Tidak tau saya. Sampai saat ini belum ada yang datang ke rumah saya untuk itu," ujarnya.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Eko Wimpiyanto mengaku sosialisasi dari jalan hingga jemput sasaran perlu dilakukan, mengingat realisasi vaksinasi daerah setempat masih rendah.

Dari 10 ribu dosis yang harus disuntikan kepada warga di wilayah Tebingtinggi, diungkap dia baru terealisasi sekitar 7000 dosis. Artinya masih terdapat 3.000 orang warga lagi yang belum divaksin.

"Makanya perlu kita lakukan sosialisasi ini untuk mengejar target vaksinasi COVID-19 agar berjalan maksimal," kata Eko kepada wartawan, Senin (31/5).

Sementara Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Asmar, mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya lansia untuk beramai-ramai mendatangi puskemas melakukan vaksinasi COVID-19.

Karena disamping efektif memutus mata rantai penularan virus asal Wuhan, menurutnya juga dapat mengurangi resiko kematian bagi yang terpapar.

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk datang ke puskesmas melakukan vaksinasi, agar daerah kita dapat terbebas dari Virus COVID-19," ajak Asmar.