Pedagang Sembako Pekanbaru Siap Tak Mainkan Harga

id pedagang sembako, pekanbaru siap, tak mainkan harga

Pedagang Sembako Pekanbaru Siap Tak Mainkan Harga

Pekanbaru, (antarariau) - Sebagian pedagang di Pekanbaru, ibu kota Riau, menyatakan siap menjual bahan kebutuhan pokok dengan harga relatif murah guna membantu masyarakat, namun minta pemerintah menyediakan lokasi strategis.

"Kami umumnya pedagang lokal yang juga sekaligus memiliki hasil pertanian lokal baik sayuran maupun kebutuhan pokok lainnya," kata Januardi, seorang pedagang yang biasa berjualan pada lokasi yang tidak menetap di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, terpaksa harus mengikuti panitia pasar kaget yang selalu membuka lapak secara tidak tetap yakni dari satu wilayah kecamatan ke wilayah kecamatan lainnya yang ada di kota itu.

Dia mengakui harga sembako memang kerap mengalami kenaikan harga yang tidak masuk logika mengingat tingginya permintaan.

"Namun sebenarnya kami bisa membantu pemerintah, asalkan diberikan lokasi yang strategis oleh pemerintah daerah," katanya.

Madewi, satu pedagang sayuran di pasar kaget di Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, mengatakan, telah lebih satu tahun mengikuti panitia dagang pasar kaget.

Semuanya menurut dia berjalan baik dan masyarakat sangat antusias meskipun lokasi perdagangan yang digunakan selalu saja berpindah-pindah.

"Ini sebenarnya menjadi kelemahan pasar kaget karena sarana kurang mendukung. Selain itu, di pasar kaget, jika hujan akan banjir karena tidak saluran air yang baik," katanya.

Kalau sudah hujan dan banjir, demikian Madewi, kebanyakan pedagang pasar kaget akan terpaksa perendam karena lapak yang digunakan hanya lapak seadanya.

Hal demikian katanya yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah, salah satunya yakni memberikan lokasi strategis yang terbebas dari banjir.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pekanbaru, Elsyabrina, mengatakan sangat mendukung pasar kaget di sejumlah wilayah kecamatan di Pekanbaru.

"Untuk penyediaan ruang atau lokasi strategis bagi mereka, akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan dinas pasar," katanya.