AFC: Australia Tumbangkan Timur Leste 3-0

id afc australia, tumbangkan timur, leste 3-0

Pekanbaru, (antarariau) - Timnas Australia menumbangkan Timor Leste 3-0 pada pertandingan keempat kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E di Stadion Utama Riau, Kamis.

Gol pertama anak asuh Paul Okon tercipta lewat Luke Anthony O'Dea pada menit ke-39 setelah mampu melepaskan diri dari kawalan pemain belakang Timor Leste. Tendangan jarak jauhnya akhirnya gagal dibendung oleh kiper lawan.

Gol kedua dan ketiga Australia tercipta pada menit 86 dan 90 lewat tendangan keras Jake Barker-Daish yang semuanya umpan terukur dari Anthony Proia.

Sebenarnya, Timor Leste terus memberikan perlawanan yang tidak kalah sengitnya sejak awal babak pertama. Tusukan-tusukan dari sang kapten Diogo Santos terus mengarah pertahanan Australia yang dikawal oleh Joshua Brillante.

Setelah tertinggal 0-1 anak asuh Norio Tsukitate bahkan langsung menggebrak dengan kombinasi serangan dari sayap. Upaya yang dilakukan cukup berhasil dan membuah pemain Australia cukup kelelahan.

Peluang terbaik yang dimiliki Timor Leste adalah pada menit ke-40 atau sesaat gol Australia tercipta. Meski tinggal berhadapan dengan kiper, Jose Carlos Da Fonseca gagal memamfaatkan peluang emas itu.

Terus ditekan anak asuh Paul Okon berusaha membalikkan keadaan. Serangan demi serangan ditinggkatkan. Hanya saja hingga babak pertama usai kedudukan tetap 1-0 untuk Australia.

Memasuki babak kedua Timor Leste mengubah strategi dengan bermain lebih pelan. Bola dari kaki ke kaki berusaha diperagakan. Hasilnya bola mengalah gawang cukup banyak meski belum mampu mengubah keadaan.

Anak asuh Paul Okon juga tanpa peluang. Pada menit ke-54, Bejamin Garuccio mendapatkan kesempatan emas untuk menggandakan kedudukan. Hanya saja tendangannya cukup lemah sehingga bisa dibaca oleh pemain Timor Leste.

Begitu pula, peluang dari Nick Fitzgerald pada menit ke-62. Meski sudah berada di kotak penalti tendangannya masih melebar di sisi kiri gawang Timor Leste.

Anak asuh Norio Tsukitate juga tak patah semangat. Gempuran demi gempuran dilakukan. Salah satu peluang didapat Eujebio Pereira, hanya saja sontekannya masih melenceng.

Kesulitan menciptakan gol, Pelatih Australia merombak lini depan dengan memasukkan Anthony Proia untuk menggantikan Luke Anthony O'Dea. Meski menambahkan tenaga upaya untuk menggandakan kedudukan, tertahan karena lawan juga tidak tinggal diam.

Waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta juga. Lewat kerja sama yang apik dengan Anthony Proia, Jake Barker-Daish pada menit ke-86 mampu menggadakan kedudukan bagi Timnas Australia. Empat menit berselang pemain dengan nomor punggung delapan itu membuat gol keduanya.

Timor Leste sebenarnya berusaha mengejar ketertinggalannya, hanya saja hingga peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup wasit Yaqoob Said Abdullah Abdul Baqi kedudukan tetap 3-0 untuk kemenangan Australia. Dengan hasil ini Australia mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan.

Susunan pemain Timor Leste: Ramos Saozinho Ribeiro Maxances (pg), Raimundo Jose Do Rego Sarmento, Agostinho, Ramon De Lima Saro, Jose Carlos Da Fonseca, Diogo Santos Rangel, Francisco Da Costa Sarmento/Nicolao Higinio Baptista, Januario/Frangcyatna Alves Ima Kefi, Fidel Dos Santos De Araujo, Eujebio Pereira/Hendrique Cruz, Marcos Da Conceicao.

Adapun pemain Australia : Nicholas Munro (pg), Joshua Brilliante; Connor Edward Chapman, Corey Edward Brown, Jake Barker-Daish, Nick Fitzgerald, Giancarlo Gallifuoco/Mitch Cooper, James Donachie, Brandon O'Neill, Benjamin Garuccio/Riley Paul Woodcock dan Luke Anthony O'Dea/Anthony Proia.