Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan lantik empat pejabat negara baru

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Jokowi

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan lantik empat pejabat negara baru

Presiden RI Joko Widodo (Antaranews)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik empat orang pejabat negara baru di Istana Negara Jakarta, Rabu.

"Iya (pelantikan empat pejabat negara)," kata sumber dari lingkungan istana saat dikonfirmasi mengenai pelantikan tersebut di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Presiden Joko Widodo lantik Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan

Seperti diketahui Rapat Paripurna DPR pada 9 April 2021 menyetujui pembentukan kementerian baru, yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Kementerian Investasi.

Pembentukan dua kementerian itu sesuai dengan hasil keputusan Badan Musyawarah (Bamus) yang membahas Surat Presiden Jokowi Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian pada 8 April 2021.

Persetujuan DPR tersebut sesuai dengan ketentuan pada UU Nomor 39 Tahun 2019 tentang Kementerian Negara yang mengatur bahwa pengubahan sebagai akibat pemisahan atau penggabungan kementerian dilakukan dengan pertimbangan DPR.

Bahlil Lahadalia sebelumnya adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sedangkan Nadiem Makarim sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Sementara Indriyanto Seno Adji diketahui merupakan penasihat Kapolri. Ia juga pernah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) pimpinan KPK pada 2015 lalu sekaligus dosen di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Baca juga: Presiden Joko Widodo lantik 9 anggota Kompolnas 2020-2024

Baca juga: Presiden RI Joko Widodo lantik DPP dan Wantimpus Legiun Veteran RI


Pewarta: Desca Lidya Natalia