Indonesia kembali datangkan 16 juta dosis bahan baku vaksin COVID-19 dari Sinovac

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,vaksin

Indonesia kembali datangkan 16 juta dosis bahan baku vaksin COVID-19 dari Sinovac

Tangkapan layar - Bahan baku vaksin (bulk) COVID-19 dari Sinovac diturunkan dari pesawat, pada Kamis (25/3/2021), melalui Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (ANTARA/Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/pri.)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah mendatangkan 16 juta dosis bahan baku vaksin (bulk) COVID-19 dari Sinovac, pada Kamis ini, melalui Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

"Hari ini kita berhasil mendatangkan vaksin COVID-19 tahap ke-7 dari keseluruhan tahap, sebesar 16 juta (dosis) vaksin dalam bentuk bulk," ujar Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono dalam keterangan persnya saat menyambut kedatangan vaksin di Bandara Soekarno Hatta.

Baca juga: Sinovac klaim vaksin COVID-19 buatannya aman digunakan bayi dan remaja

Dengan kedatangan 16 juta bahan baku vaksin ini, maka secara kumulatif terdapat 53,5 juta bahan baku dosis vaksin COVID-19 di Indonesia hingga saat ini.

Vaksin yang didatangkan dengan pesawat maskapai Garuda Indonesia akan langsung dibawa ke Kantor PT Bio Farma Persero di Bandung, Jawa Barat, untuk diproses lebih lanjut.

"Tentu saja nanti setelah diproduksi akan dievaluasi, baik secara mutu, oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sebelum nanti akan dijadikan vaksin yang akan dipakai oleh masyarakat," ujarnya.

Dante menuturkan bahwa ketersediaan vaksin sangat vital dalam pelaksanaan program vaksinasi yang sedang berjalan di Indonesia. Hingga saat ini pemerintah melakukan pengaturan kecepatan vaksinasi sesuai dengan jumlah bahan baku yang datang.

"Kecepatan per hari akan terus kita tingkatkan sehingga kita mencapai 181,5 juta vaksin akan kita jalankan target untuk memperoleh herd immunity dalam waktu secepat-cepatnya,” ujarnya.

Kedatangan kali ini merupakan tahap ketujuh penyaluran vaksin COVID-19 ke Indonesia. Vaksin COVID-19 tahap pertama tiba di Tanah Air pada 6 Desember 2020 yang merupakan vaksin jadi produksi Sinovac sebanyak 1,2 juta dosis.

Kemudian di tahap kedua pada 31 Desember 2020, pemerintah kembali mendatangkan sebanyak 1,8 juta dosis vaksin jadi produksi Sinovac.

Pada 12 Januari 2021 atau tahap ketiga, pemerintah mendatangkan sebanyak 15 juta dosis bahan baku vaksin Sinovac yang kemudian diolah oleh BUMN PT Bio Farma Persero. Pada tahap keempat, sebanyak 10 juta dosis bahan baku vaksin Sinovac tiba pada tanggal 2 Februari 2021 .

Selanjutnya, pada 2 Maret 2021 lalu, di tahap kelima, kembali tiba sebanyak 10 juta bahan baku vaksin COVID-19 produksi Sinovac. Terakhir, pada tahap keenam pada tanggal 8 Maret lalu tiba di Tanah Air sebanyak 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca dalam bentuk jadi.*

Baca juga: Realisasi vaksinasi Sinovac kelompok pelayanan publik Pekanbaru baru 98,57 persen

Baca juga: Pakar biomolekuler tegaskan vaksin Sinovac bisa diandalkan tangkal virus corona B117


Pewarta: Indra Arief Pribadi