Nelayan Perairan Kepri Dihimbau Waspada Angin Kencang

id nelayan perairan, kepri dihimbau, waspada angin kencang

Batam, (antarariau) - Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, P Adjie mengatakan nelayan dan pengguna transportasi laut harus hati-hati karena gelombang tinggi dan angin kencang diprediksi akan terjadi di Perairan Kepulauan Riau, Jumat.

"Bagi pengguna transportasi laut dihimbau agar berhati-hati mengingat gelombang laut dapat lebih tinggi apabila terjadi hujan dengan angin yang cukup kencang," kata Adji.

Ia mengatakan prakiraan gelombang laut mencapai dua meter di Perairan Natuna dan Anambas, dan bisa lebih tinggi jika angin kencang disertai hujan.

Kecepatan angin di Perairan Natuna dan Anambas diperkirakan mencapai 22 km per jam.

Sementara itu, secara umum, berdasarkan pantauan satelit, BMKG memprediksi hujan besar pada malam hari menjelang pagi.

Secara detil, BMKG memprakirakan cuaca Kota Batam pada Jumat pagi berawan dan hujan ringan, siang berawan dan malam kembali hujan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 20 kilo meter per jam arah tenggara.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 31 derajat celcius dengan kelembapan 70 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,6 sampai 1,3 meter.

Sama dengan Batam, cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Jumat pagi berawan disertai hujan, siang berawan dan malam kembali hujan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 21 kilo meter per jam arah tenggara.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 31 derajat celcius dengan kelembapan 68 sampai 96 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Di Karimun pada Jumat pagi berawan disertai hujan, siang hingga malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 18 kilometer per jam arah tenggara.

Suhu udara di Karimun antara 25 sampai 32 derajat celcius dengan kelembapan 68 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,5 sampai 0,9 meter.

Sementara cuaca di Lingga Jumat pagi hingga siang berawan dan hujan pada malam. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 20 kilo meter per jam arah selatan.

Suhu udara di Lingga antara 22 sampai 31 derajat celcius dengan kelembapan 73 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai 1 meter.

Kabupaten Natuna pada Jumat pagi berawan, dan hujan pada siang hingga malam. Kecepatan angin diprakirakan delapan sampai 21 kilo meter arah selatan.

Suhu udara di Natuna antara 23 sampai 30 derajat celcius dengan kelembapan 78 sampai 97 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,7 sampai 2,0 meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Jumat pagi BMKG memperkirakan berawan disertai hujan ringan, siang berawan dan malam hujan. Kecepatan angin diprakirakan delapan sampai 22 kilo meter arah selatan.

Suhu udara Anambas antara 24 sampai 31 derajat celcius dengan kelembapan 73 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 0,8 sampai dua meter.