Kirab Api PON Akan Singgahi Dumai

id kirab api, pon akan, singgahi dumai

Kirab Api PON Akan Singgahi Dumai

Dumai, (antarariau) - Perjalanan Api pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII di Riau September 2012 yang akan diambil dari sumur minyak tertua PT CPI Minas, Kabupaten Siak, akan melewati Kota Dumai.

Kirab api PON nusantara tersebut akan dilakukan bersamaan dengan api Kota Dumai yang ditunjuk menjadi tuan rumah venues pelaksanaan dua cabang olahraga, tenis meja dan selam, kata Sekretaris Sub Pengurus Besar (PB) PON kota Dumai Dwi Oristywan, Rabu.

"Selanjutnya api PON untuk Dumai akan tinggal dan api nusantara akan dikirab lagi mengelilingi Tanah Air lewat wilayah perairan setempat dan berakhir di Pekanbaru," ujarnya.

Ia menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai sejauh ini sudah mempersiapkan pengambilan api PON di Minas yang akan dilakukan pada September bersamaan dengan jemputan api di semua daerah kabupaten/kota penyelenggara venues PON.

Dikatakannya, rombongan yang akan membawa api PON Dumai akan dilakukan wali kota setempat, sedangkan untuk api PON nusantara akan dibawa oleh petinggi negara atau panitia pusat ajang olahraga bergengsi di Indonesia ini.

Api PON yang diambil bersamaan di seluruh kabupaten/kota melalui proses upacara tersebut, selanjutnya akan dibawa ke daerah masing-masing, dengan puncak api PON di Kota Pekanbaru.

Selain Dumai, sejumlah daerah di Riau yang akan menyebarkan api PON diantaranya, Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Pelalawan, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Kampar dan Rokan Hilir.

Mengingat sudah dekatnya pelaksanaan PON di Riau, Dwi meminta dukungan masyarakat dalam menciptakan suasana aman dan kondusif saat penyelenggaraan PON. Serta mendorong partisipasi masyarakat Dumai untuk ikut berpartisipasi menyemarakan kedatangan api PON tersebut.

"Agenda nasional yang ditempatkan di daerah kita ini hendaknya menjadi kebanggaan masyarakat dengan bersama-sama memberikan dukungan demi lancar dan suksesnya penyelenggaran PON," harap Dwi yang juga menjabat Kepala Inspektorat Pemkot setempat.