PT Pos Akan Luncurkan Prangko Seri PON XIX Jawa Barat

id pt pos, akan luncurkan, prangko seri, pon xix, jawa barat

PT Pos Akan Luncurkan Prangko Seri PON XIX Jawa Barat

Bandung, (Antarariau.com) - PT Pos Indonesia bekerja sama dengan Pengurus Besar PON Jawa Barat akan meluncurkan prangko seri PON XIX/2016 Jabar pada Minggu (9/11) atau 666 hari menjelang pesta olahraga nasional empat tahunan itu di kawasan Jalan Dago, Kota Bandung.

"Prangko menjelang penyelenggaraan PON XIX/2016 akan diluncurkan Minggu (9/11) berbarengan dengan 666 Hari Menjelang PON XIX/2016. Sedangkan Prangko PON XIX/2016 akan diluncurkan tahun 2016," kata Manajer Filateli PT Pos Indonesia Tata Sugiarta di Bandung, Rabu (5/11).

Ia menyebutkan, prangko menjelang PON XIX/2016 itu merupakan bagian dari media sosialisasi kepada masyarakat tentang penyelenggaraan PON di Jawa Barat.

Prangko bernilai Rp3.000 itu bergambar Surili, primata asli Jawa Barat yang juga menjadi maskot PON XIX/2016 Jabar. Prangko itu bisa digunakan untuk pengiriman surat nasional tingkat pertama ke seluruh Indonesia.

Pos Indonesia akan mencetak sebanyak 20.000 set prangko itu dan mendistribusikannya ke sejumlah kantor Pos di Indoneia.

Selain itu juga akan dicetak sampul hari peringatan dan sampul hari pertama yang akan ditandatangani oleh Gubernur Ahmad Heryawan dan Wakilnya H Deddy Mizwar.

"Sampul hari pertama akan ditandatangani oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar pada momen 666 hari menjelang PON XIX/2016 itu," katanya.

Selain itu juga akan diluncurkan 54 kartu Pos PON XIX/2016 bergambar surili yang menggambarkan 54 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada pesta olahraga tersebut.

"Semuanya ada 54 cabang olahraga, artinya ada 54 kartu pos dengan cabang olahraga yang berbeda," katanya.

Tata Sugiarta menyatakan, pencetakan prangko merupakan tradisi bagi penyelenggaraan PON, hanya kali ini juga ada pencetakan prangko khusus untuk menjelang PON.

"Khusus untuk prangko PON yang akan diluncurkan 2016 bentuknya lain lagi. Sehingga setiap penyelenggaraan PON selalu ada bukti sejarah yang digambarkan melalui prangko," katanya.

Prangko menjelang PON XIX/2016 yang akan diluncurkan akhir pekan ini merupakan prangko seri ke-16 dari 18 seri yang rencananya diluncurkan tahun 2014.